Advertisement

Seekor Kucing American Shorthair Cetak Rekor Dunia Main Skateboard Tercepat

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 05 Juli 2024 - 10:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Seekor Kucing American Shorthair Cetak Rekor Dunia Main Skateboard Tercepat Kucing milik warga Tiongkok memecahkan rekor dunia Guinness untuk kucing yang berlari 10 meter di atas skateboard tercepat. - Guinness World Records

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seekor kucing jenis American Shorthair yang pemberani dan menggemaskan bernama Bao Zi membuat sejarah dengan memamerkan keterampilan bermain skateboard-nya.

Kucing milik Li Jiangtao dari Tiongkok ini memecahkan rekor dunia Guinness untuk kucing yang berlari 10 meter di atas papan luncur tercepat hanya dalam waktu 12,85 detik. Usia Bao Zi baru menginjak satu tahun delapan bulan, tetapi dia sudah menjadi bintang.

Advertisement

Dilansir dari laman resmi Guinness, Li merupakan pelatih hewan peliharaan berpengalaman yang awalnya fokus pada pelatihan anjing. Meski berpengalaman luas, dia tidak langsung mengenali bakat Bao Zi.

BACA JUGA: Tim Bisbol Ini Viral karena Bikin Pertandingan Glow in the Dark

"Saya telah melatih anjing selama lebih dari satu dekade, dan saya mulai memainkan skateboard dengan anjing saya sendiri untuk bersenang-senang. Namun, Bao Zi menunjukkan minat yang besar pada skateboard, jadi saya memutuskan untuk memupuk perilaku ini," kenang Li.

Bakat Bao Zi dalam bermain skateboard tidak terlihat sejak awal. Awalnya, Li meminta Bao Zi untuk mengatasi masalah tikus di rumah mereka.

"Ada tikus yang berlarian di langit-langit pada malam hari, jadi saya meminta Bao Zi untuk mengusir mereka," terangnya.

Awalnya, Bao Zi sama saja seperti anak kucing lainnya, yang sehari-hari hanya mencari makanan dan tidur siang. Lalu ketika usia 6 bulan, Bao Zi tiba-tiba hilang dari rumah.

Li mencari di sekitar lingkungan itu selama seminggu, mengira Bao Zi sudah pergi selamanya. Rupanya, kucing itu kembali. Saat itu, Li menyadari bahwa Bao Zi senang menjelajahi alam terbuka.

"Bao Zi suka sekali saat saya mengajaknya berpetualang. Di rumah, dia seperti bola bulu yang malas, tetapi di arena skate, dia seperti kucing yang berbeda. Dia percaya diri dan berani, menerobos kerumunan dengan mudah," kata Li.

Ikatan unik ini mendorong Li untuk mendalami pelatihan perilaku kucing. Hingga saat ini, ia telah melatih 13 kucing untuk menggunakan toilet, bahkan mereka dilatih untuk bisa menyiram sendiri.

BACA JUGA: Seorang Mekanik Membuat Gerobak Dorong Tercepat di Dunia yang Bisa Melaju 84 Kilometer Per Jam

Bao Zi juga dapat melakukan berbagai trik, mulai dari duduk dan menggoyangkan kaki hingga berpura-pura mati, berguling, melompat, memanjat, melewati lingkaran, menekan bel pintu, mendorong tong yang menggelinding, dan bahkan menggiring bola basket.

Namun, bermain skateboard membutuhkan waktu paling lama. Dia latihan selama setahun penuh.

Li menganggap pencapaian Bao Zi luar biasa. "Teman-teman dan penggemar Bao Zi sangat mendukung selama tantangan ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekda Jateng Sebut Keluarga Punya Peran penting Cegah Korupsi

News
| Senin, 08 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement