Advertisement

Ternyata Rokok Bisa Menghambat Perkembangan Otot

Newswire
Minggu, 21 April 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Ternyata Rokok Bisa Menghambat Perkembangan Otot Ilustrasi rokok/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAMerokok ternyata tak hanya mengganggu kesehatan paru-paru tetapi juga pertumbuhan massa otot.

Seperti dikutip dari Medical News Today melansir bagaimana rokok memengaruhi massa otot. Kandungan nikotin dalam rokok mengganggu cara sel membuat protein yang berguna untuk memperbaiki otot rusak akibat olahraga.

Advertisement

Dalam tubuh manusia terdapat hormon testosteron yang penting untuk pertumbuhan dan kinerja otot. Ketika nikotin mengkontaminasi tubuh mampu mengganggu aktivitas hormon tersebut dan menghambat perkembangan massa otot.

Seperti diketahui, nikotin adalah senyawa kimia dalam tembakau atau tumbuhan lainnya yang bersifat adiktif atau memberikan rasa candung bagi penggunanya. Kandungan inilah yang membuat perokok aktif sulit berhenti merokok.

Dalam jurnal yang dilansir National Institutes of Health, merokok menyebabkan disfungsi pada otot dan membuat stamina seseorang menurun. Tak ayal para perokok aktif lebih mudah merasa lelah dibandingkan yang tidak merokok.

BACA JUGA: Mengembalikan Kualitas Tidur Setelah Puasa, Ini Tipsnya

Hal ini disebabkan oleh minimnya pasokan oksigen ke mitokondria dalam menghasilkan ATP karena adanya kontaminasi karbon monoksida dengan hemoglobin, mioglobin, dan pengaruh lainnya terhadap sistem pernapasan atau aliran darah.

Menurut Kementerian Kesehatan, 97% oksigen dibawa oleh hemoglobin dalam sel darah merah dan 3% lainnya diangkut dalam plasma darah. Kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen dipengaruhi karbondioksida dan suhu.

Hal ini mengganggu penyebaran oksigen ke semua jaringan tubuh, padahal oksigen akan digunakan sebagai bahan dasar untuk menghasilkan energi (ATP).

Hal ini dapat diartikan bahwa kandungan dalam rokok menghambat proses persebaran hemoglobin ke jaringan tubuh serta penurunan hormon testosteron yang berguna untuk perkembangan massa otot. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wuih! Pria Ini Jelajahi Dunia dengan Motor Listrik

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement