Advertisement

9 Cara Mengelola THR Lebaran 2024 Agar Tidak Cepat Habis

Rika Anggraeni
Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:47 WIB
Abdul Hamied Razak
9 Cara Mengelola THR Lebaran 2024 Agar Tidak Cepat Habis Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sudah menerima tunjangan hari raya (THR) untuk lebaran 2024? Kalau sudah menerima maka THR perlu dikelola dengan bijak. Jika tidak, THR bisa cepat habis dalam sekejap karena membeli barang atau kebutuhan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Menurur Perencana Keuangan Rista Zwestika, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah menerima THR lebaran, salah satunya dengan melunasi utang atau cicilan.

Advertisement

BACA JUGA: Miris! Alih-Alih Dapat THR, Buruh Pabrik Tekstil Justru Kena PHK Jelang Lebaran

“Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengatur dan mengelola THR dengan lebih baik, sehingga dapat bertahan lebih lama dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi keuangan Anda,” kata Rista kepada JIBI, dikutip pada Sabtu (30/3/2024).

Ini cara mengelola THR agar tidak cepat habis langsung dari pakar:

1. Buat Pencanaan Anggaran

Langkah utama yang harus dilakukan setelah menerima THR adalah membuat anggaran keuangan yang jelas. Caranya, dengan menentukan berapa jumlah THR yang diterima dan alokasikan dengan bijak untuk kebutuhan yang paling penting.

2. Utamakan Kebutuhan Mendesak

Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pokok seperti makanan, tagihan rutin, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Pastikan untuk memprioritaskan penggunaan THR untuk hal-hal ini terlebih dahulu.

3. Jangan Mudah Tergoda

Untuk itu, masyarakat perlu menghindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena memiliki THR. “Pertimbangkan dengan bijak sebelum membuat pembelian besar atau impulsif,” ucapnya.

4. Tabung sebagian THR

Setelah mendapatkan THR, tidak ada salahnya pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari THR untuk tabungan atau investasi. Dengan menyimpan sebagian THR, ini bisa menjadi modal untuk masa depan atau untuk mengatasi kebutuhan mendesak di kemudian hari.

5. Gunakan untuk melunasi utang

Apabila memiliki utang atau cicilan yang perlu dibayar, maka pertimbangkan untuk menggunakan sebagian dari THR untuk membayar utang guna mengurangi beban finansial di masa mendatang.

6. Bijak dalam liburan

Jika berencana untuk berlibur menggunakan THR, maka terlebih dahulu pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan bijak. “Bandingkan harga, pertimbangkan diskon atau penawaran khusus, dan tetapkan anggaran yang realistis untuk perjalanan,” ujarnya.

7. Komunikasikan dengan keluarga dalam mengalokasikan THR

Diskusikan bersama untuk menentukan prioritas penggunaan THR agar dapat memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga dengan bijak.

8. Tetapkan batas pengeluaran

Langkah ini dilakukan dengan menetapkan batas pengeluaran yang masuk akal dan disiplin diri untuk tidak melampaui batas tersebut. Rista menjelaskan bahwa dengan menyadari batas-batas ini dapat membantu dan mengontrol pengeluaran, serta memastikan THR tidak cepat habis.

9. Menghindari pinjaman berlebihan

Penting untuk menghindari penggunaan THR sebagai alasan untuk mengambil pinjaman berlebihan. “Pertimbangkan dengan hati-hati risiko dan manfaat dari setiap pinjaman sebelum mengambil keputusan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement