Advertisement

Tips Bisnis Rental Kendaraan untuk Lebaran Bagi Pemula

Redaksi
Sabtu, 09 Maret 2024 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tips Bisnis Rental Kendaraan untuk Lebaran Bagi Pemula Ilustrasi persewaan mobil

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Saat lebaran sebagian besar warga mudik ke kampung halaman. Ini menjadi momentum yang tepat untuk memulai bisnis rental mobil. Bagaimana cara memulainya?

Momentum mudik lebaran dimanfaatkan untuk menjalin tali silaturahmi kepada kerabat dan sanak saudara, sehingga banyak orang melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya.

Advertisement

BACA JUGA: Wuih! Jelang Libur Akhir Tahun, Rental Motor dan Mobil di Jogja Panen Orderan

Tak jarang, mobil jadi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan tersebut. Hal itu merupakan kesempatan yang baik untuk memulai bisnis rental mobil, karena pastinya permintaan sewa mobil dapat melambung tinggi.

Ada sejumlah tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis rental saat libur lebaran agar mendapatkan cuan tambahan.

1. Susun Perencanaan yang Diperlukan

Anda perlu memperhitungkan segala kebutuhan agar bisnis mobil rental bisa berjalan dengan baik. Dalam hal ini, menyusun modal penting dilakukan supaya Anda mengetahui apakah perlu membeli mobil atau tidak.

Anda bisa memanfaatkan mobil yang sudah ada, jika memang tidak digunakan, atau bisa melakukan kredit mobil dengan berbagai risiko yang ada.

2. Lakukan Survei Harga

Untuk mengetahui secara pasti kisaran harga yang beredar dipasaran agar mampu menyaingi para kompetitor, Anda harus melakukan survei karena harga akan berbeda tergantung jenis mobil yang direntalkan.

Selain itu, hal ini juga membantu Anda memberikan fasilitas yang menarik kepada customer, sehingga mobil Anda memiliki banyak peminat.

3. Rincikan Persyaratan

Buatlah persyaratan yang tidak menyusahkan para customer dan tidak merugikan bagi Anda agar saling mendapatkan keuntungan.

Adanya persyaratan meminimalisir terjadinya tindakan yang tidak diinginkan. Anda bisa membuat aturan-aturan selama menyewa mobil, di mana customer melampirkan KTP, Paspor, atau jaminan lainnya.

4. Ikutkan Asuransi

Memberikan asuransi kepada setiap unit adalah cara untuk melindungi setiap mobil Anda jika terjadi sesuatu, mengingat Anda tidak mengetahui skill berkendara customer dan kondisi jalanan yang rentan terhadap kecelakaan.

Adanya proteksi ini akan meminimalisir keuangan Anda jika hal yang tidak diinginkan itu benar terjadi.

5. Iklankan Produk

Mulailah untuk mengiklankan unit-unit agar menarik perhatian pelanggan. Usahakan iklan tersebut gencar dilakukan sebelum hari lebaran tiba supaya pelanggan bisa mempertimbangakan segala hal.

Bahkan, Anda bisa menyisipkan promo-promo menarik untuk memantik rasa keingintahuan pelanggan terhadap unit Anda. Pastikan unit yang ditampilkan pada iklan sesuai dengan kondisi aslinya. Artinya, unit mobil harus mendapatkan perawatan rutin untuk terhindar dari berbagai kesalahan teknis saat disewa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DKI Jakarta Masuk Kategori 50 Kota Maritim Terkemuka di Dunia

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement