Advertisement

Inovasi dari Jepang, Bantal Unik agar Karyawan Bisa Tidur Siang Nyaman di Kantor

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 20 Januari 2024 - 17:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Inovasi dari Jepang, Bantal Unik agar Karyawan Bisa Tidur Siang Nyaman di Kantor Gogo no Makura, sebuah bantal dengan desain unik yang memungkinkan karyawan bisa tidur siang. / Gizmochina

Advertisement

Harianjogja.com, OSAKA—Budaya kerja di Jepang memperbolehkan tidur siang. Salah satu alasan utamanya adalah orang-orang bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang dan memerlukan waktu istirahat yang singkat.

Seiring dengan hal itu, produsen yang sadar akan kebutuhan ini tidak melewatkan untuk memproduksi produk yang memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya ialah Atex Co, perusahaan yang berbasis di Osaka, yang memperkenalkan “Gogo no Makura,” sebuah bantal dengan desain unik yang memungkinkan karyawan bisa tidur siang.

Advertisement

BACA JUGA: Perusahaan Jepang Rilis Giraffenap, Perangkat yang Membuat Anda Bisa Tidur Sambil Berdiri

Melansir The Mainichi, Gogo no Makura didesain dengan lubang di bagian tempat wajah beristirahat sehingga mudah bernapas. Terinspirasi oleh kursi pijat portabel, produk ini dihubungkan ke meja dan menopang wajah dan dada saat pekerja yang tidur siang mencondongkan tubuh ke depan.

Atex Co merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peralatan kesehatan dan perlengkapan tidur. Natsuki Sato, 43, yang bertanggung jawab atas pengembangan produk Gogo no Makura, terinspirasi dari rekan-rekannya yang setiap tidur siang di kantor akan rehat dengan wajah menghadap ke bawah di meja.

Sato secara pribadi tidak menerapkan tidur siang di kantornya, namun ia mewawancarai sekitar 20 orang. Dari pembicaraan tersebut terungkap bahwa banyak pekerja yang sengaja tidur siang agar bisa beraktivitas di sore hari. Saat tidur siang, kata mereka, hal yang penting bagi mereka adalah memastikan kepala tidak bergerak, menghindari tekanan pada organ dalam, dan menghindari kesulitan bernapas.

Dalam banyak kasus, tidur telungkup di atas meja menyebabkan ketegangan berlebihan pada bahu dan bagian tubuh lainnya, sehingga menyebabkan mati rasa pada lengan dan area lainnya. Pengembang bantalan meja sangat sadar untuk menjaga postur tidur yang nyaman di kursi, dan mengambil inspirasi dari kursi pijat portabel, di mana pengguna mencondongkan tubuh ke depan dan menempelkan wajahnya ke kursi saat menerima perawatan.

BACA JUGA: Pria 80 Tahun Mengaku Tidak Tidur Selama 60 Tahun

Bantal unik ini didesain berukuran panjang 31 sentimeter dan lebar 24 cm, dirancang untuk menopang kepala dan bagian tubuh lainnya, dengan lubang di tengah tempat pertemuan wajah dengan bantal untuk memudahkan pernapasan dan mencegah bekas tidur. Adapun sudutnya dapat disesuaikan dalam tiga tingkat (10 hingga 45 derajat).

Jangan takut tidur kebablasan, karena ada alarm pengatur waktu yang dapat disetel hingga 60 menit dengan kelipatan satu menit, dengan getaran yang membangunkan pengguna secara perlahan ketika waktunya habis.

"Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa memberikan tekanan yang tidak perlu pada tubuh Anda. Saya berharap produk ini dapat mengubah citra tidur siang di kantor menjadi cerdas baik saat tidur maupun saat bangun tidur," ujar Sato.

Bantal itu hanya tersedia dalam warna abu-abu, dan harga eceran yang disarankan adalah 8.800 yen (sekitar Rp930 ribu). Tertarik memiliki?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Mainichi

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Boalemo Gorontalo

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement