Advertisement

Ramaikan Pesta Pergantian Tahun di Candi Prambanan, Ada Sheila on 7 dan Shaggy Dog

Media Digital
Jum'at, 29 Desember 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Ramaikan Pesta Pergantian Tahun di Candi Prambanan, Ada Sheila on 7 dan Shaggy Dog Sesi foto bersama dalam jumpa pers konser Suara Prambanan untuk perayaan malam tahun baru di Lapangan Garuda, Candi Prambanan. Jumat (29/12/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah grup band dan musikus asal Jogja yang namanya sudah dikenal di kancah musik Tanah Air akan meramaikan panggung pesta pergantian tahun bertajuk Swara Prambanan yang akan digelar di kompleks Candi Prambanan, Minggu (31/12/2023). Beberapa grup band musikus itu masing-masing adalah Sheila on 7, Jikustik, Shaggydog, Kunto Aji hingga Ndarboy Genk.

Commercial & Experience Specialist PT Taman Wisata Candi, Dimas Ganjar mengatakan setiap destinasi wisata memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, termasuk Candi Prambanan. Untuk memeriahkan pesta akhir tahun bakal diselenggarkan pergelaran Swara Prambanan pada Minggu malam untuk menyambut datangnya Tahun Baru 2024

Advertisement

Menurut dia, pentas yang akan digelar sangat sesuai dengan karakteristik keberadaan Candi Prambanan sebagai warisan budaya. Di sisi lain, banyak event berkaitan dengan seni dan budaya yang digelar di objek wisata ini.

“Pelaksanaanya tidak sendiri karena ada kolaborasi dengan pihak lain seperti Go Live Indonesia, PT Ruang Antara Suara dan lainnya. Kami sepakat membuat acara festival musik di akhir tahun yang isinya ada musik, pentas budaya hingga kesenian,” katanya dalam jumpa pers yang diselenggarakan di Lapangan Garuda, Candi Prambanan, Jumat (29/12/2023).

Menurut dia, di dalam acara tidak hanya menyajikan pentas musik. Namun demikian, juga ada kreasi patung setinggi Sembilan meter yang bisa dilihat pada saat konser berlangsung. “Konser ini benar-benar mengedepankan kolaborasi dengan musikus maupun seluruh seniman asli Kota Jogja,” katanya.

CEO PT Ruang Antara Suara, Andri Verraning Ayu mengatakan pentas musik akhir tahun bertajuk Swara Prambanan sudah melalui proses kajian yang mendalam. Selain itu, juga melihat dari sisi sejarang tentang Candi Prambanan.

Menurut dia, Swara Prambanan dipilih dengan harapan bisa menimbulkan gema dari DIY dan untuk dunia. Secara garis besar pergelaran memadukan art and culture yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan menampilkan musikus dan kreasi seni asli orang Jogja. “Semua hiburan akan menjadi satu. Ada spesial performa membuat cerita dengan menggabungkan dengan sendratari Ramayana,” katanya.

Perseonel Jikustik, Adhitya Bhagaskara mengaku senang bisa dilibatkan dalam malam pergantian tahun bertajuk Swara Prambanan. Menurut dia, event ini bisa menjadi modal penting untuk penyelenggaraan event-event lainnya. “Kami senang bisa dilibatkan dan harapannya event-event ini tidak hanya sekali, tetapi dapat digelar secara rutin,” katanya.

BACA JUGA: Catat! Ada Pesta Kembang Api dan Pentas Musik di Alun-alun Wonosari saat Malam Tahun Baru

Dia pun mengapreasiasi pemilihan lokasi di Candi Prambanan sehingga pelaksanaan tidak terpusat di Kota Jogja. “Jogja ini kecil dan even yang diselenggarakan tidak hanya di pusat kota. Candi Prambanan jadi lokasi yang bagus, selain tempatnya luas, area parkir yang dimiliki juga sangat memadai,” katanya.

Personel Sheila on 7, Adam Subarkah berharap pentas Swara Prambanan dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses. “Kami ingin semuanya sehat dan bisa menikmati konser dengan selamat semuanya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement