Advertisement

Pencinta Seni Cahaya Seluruh Dunia Berkumpul di SUMONAR 2023

Media Digital
Kamis, 30 November 2023 - 15:02 WIB
Maya Herawati
Pencinta Seni Cahaya Seluruh Dunia Berkumpul di SUMONAR 2023 Salah satu karya di SUMONAR 2019 / Antara

Advertisement

JOGJA—SUMONAR, festival video mapping dan seni cahaya tahunan yang digagas oleh JVMP (Jogja Video Mapping Project–kolektif seniman visual dan media) yang berbasis di Jogja, berlangsung sejak 2019. Selain sebagai ajang presentasi karya, festival ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pelaku dan pecinta seni cahaya dari Indonesia bahkan dunia.

Berpusat di Museum Affandi, SUMONAR 2023 akan berlangsung pada tanggal 25 November–5 Desember 2023, dengan menawarkan presentasi berbagai macam karya. Tak hanya seni instalasi cahaya, namun juga karya dua dimensi dari beberapa seniman rupa Indonesia. Dibuka pada Sabtu, 25 November 2023, SUMONAR menjadi ruang interaksi penikmat seni instalasi cahaya untuk tidak sekadar melihat seni pertunjukan video mapping, namun juga memaknai pemikiran para maestro seni rupa melalui karya-karyanya.

Advertisement

"SUMONAR tahun 2023 ini menyajikan program presentasi khusus karya Affandi & Sudjojono, dua tokoh bersejarah dalam seni rupa Indonesia yang karyanya sudah menjadi legenda," kata Laili Muflihah, Media Relasi SUMONAR, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/11/2023). Menyandingkan dua karya maestro sebagai teladan sekaligus memberi gambaran tentang sejarah seni di Indonesia, dan terakhir mendedahnya berdasarkan perspektif ruang publik.

SUMONAR ingin kembali kepada semangat beliau berkarya semasa hidupnya, dan menjadi ruang bagi SUMONAR berdinamika, tumbuh dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, menurut Laili, dipilihlah Museum Affandi sebagai ruang presentasi utama selama gelaran SUMONAR 2023.

Selain Museum Affandi, SUMONAR di tahun ini tetap memanfaatkan ruang publik sebagai tempat presentasi karya seni cahaya. "Fasad Gedung BNI kawasan Nol Kilometer kembali menjadi tempat yang representatif untuk mempresentasikan karya-karya seni cahaya tersebut kepada publik," katanya.

Dihelat pada tanggal 01–03 Desember 2023, bertajuk Main Show Video Mapping Performance, yang menampilkan karya dari 9 seniman undangan, dan 1 karya video mapping hasil dari Program Workshop Video Mapping yang diselenggarakan beberapa hari lalu. Main Show Video Mapping Performance dapat disaksikan mulai dari pukul 18.30 WIB untuk umum tanpa dikenakan biaya.

Daftar Seniman di Program Main Show Video Mapping Performance

-              Amaya Madrigal

-              Angel Sandimas               

-              Ari Dykier

-              Cutemonster by Nindhita

-              Fanikini

-              Furyco                 

-              Hendry Prasetya

-              Indieguerillas

-              Jonas Sestakresna

-              Kevin Rajabuan

-              Rodar Studio

-              Studio Gambar Gerak

(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement