Advertisement

Dilarang Cerai, Desa Ini Punya Penjara Perkawinan untuk Pasangan yang Berkonflik

Lajeng Padmaratri
Minggu, 29 Oktober 2023 - 16:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Dilarang Cerai, Desa Ini Punya Penjara Perkawinan untuk Pasangan yang Berkonflik Perceraian / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, TRANSYLVANIA—Sebuah desa di Transvylvania, kota yang terkenal di Rumania, melarang perceraian. Warga setempat punya solusi tersendiri, yaitu dengan membangun sebuah ‘penjara perkawinan’.

Melansir BBC, desa itu bernama Biertan. Di sana, ada sebuah 'penjara perkawinan' yang diperuntukkan bagi pasangan yang pernikahannya tengah berkonflik. Pasangan akan dikurung selama berminggu-minggu untuk menyelesaikan masalah mereka.

Advertisement

BACA JUGA: Unik, Desa Ini Lebih Banyak Dihuni Boneka Daripada Manusia

Meskipun terdengar seperti mimpi buruk, solusi tersebut cukup efektif karena hanya satu pasangan yang bercerai dalam 300 tahun.

Uskup setempat adalah orang yang mengurung pasangan berkonflik tersebut di penjara kecil, di mana mereka akan menghabiskan enam minggu untuk menghidupkan kembali rasa sayang dan pernikahan mereka. Selama berada di sana, mereka diharuskan berbagi segalanya, mulai dari satu bantal dan meja.

“Lutheranisme, agama Saxon Transylvania, mengatur sebagian besar aspek kehidupan, dan meskipun perceraian diperbolehkan dalam keadaan tertentu, seperti perzinahan, pasangan lebih diutamakan untuk berusaha menyelamatkan persatuan mereka. Jadi pasangan yang ingin bercerai akan secara sukarela mengunjungi uskup, yang akan mengirim mereka ke penjara pernikahan untuk melihat apakah perbedaan mereka dapat didamaikan sebelum mereka berpisah,” demikian dikutip dari BBC.

BACA JUGA: Tas Ransel Sekolah di Jepang Semakin Mahal, Sampai Ada Penyewaannya

Jika pasangan tersebut memutuskan untuk bercerai setelah menghabiskan waktu berminggu-minggu di penjara, sang suami harus membayar setengah dari penghasilannya kepada mantan istrinya. Namun jika dia menikah lagi dan bercerai lagi, istri kedua tidak berhak mendapat apa-apa.

“Alasan untuk tetap bersama mungkin bukan karena cinta. Alasannya adalah untuk bekerja dan bertahan hidup,” kata pendeta Biertan, Ulf Ziegler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BBC

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement