Advertisement

Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Keseimbangan plus Bonus Badan Jadi Slim

Mediani Dyah Natalia
Kamis, 26 Oktober 2023 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Manfaat Olahraga Pound Fit untuk Keseimbangan plus Bonus Badan Jadi Slim Olahraga pound and fit. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama pandemi Covid-19, ada saja hal-hal baru yang sebelumnya tak terpikirkan justru terjadi dan kemudian menjadi tren setter. Salah satunya adalah olahraga pound fit. Apa itu pound fit dan apa saja manfaatnya, simak informasi berikut ini.

Huffpost menulis sejarah pound fit pada 22 Oktober 2012 dengan judul Drumming Exercises Provide Full-Body Workout: For A Full-Body Workout, Drumming Is The Novelty To Beat. Dilansir dari laman tersebut pada Kamis (26/10/2023), pound fit adalah olahraga yang dinisiasi oleh sepasang sahabat, Kirsten Potenza and Cristina Peerenboom pada 2011. Warga California, Amerika Serikat ini mulanya adalah drummer. Singkat cerita, pengalaman tersebut mereka olah menjadi sebuah olahraga dengan unsur kardio dan memiliki tagline Rockout Workout.

Advertisement

Baca Juga:

Milenial Nikmati Olahraga Pound Fit Bareng Srikandi Ganjar

Aerobik dan Tiga Jenis Olahraga Ini Boleh Dilakukan Wanita Hamil

Hasil Studi, Aerobik untuk Lansia Bermanfaat bagi Kesehatan Otak

Secara umum, orang yang berolahraga pound fit menggunakan alat yang menyerupai stik drum seberat 0,45 kg bernama ripstix. Selama berolahraga juga ada iringan musik sehingga membuat peserta merasa sedang menikmati konser musik atau menjadi seorang rockstar.

Berikut manfaat olahraga pound fit

  1. Membakar Kalori

Karena berunsur kardio, pound fit efektif bagi kamu yang ingin membakar lemak dengan efektif. Dalam satu sesi, biasanya olahraga ini dilakukan selama 45 menit dan dapat membakar sekitar 500-700 kalori. Sounds good? Tunggu dulu, tentu semua tergantung pada intensitas olahraga dan berat badanmu.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Laiknya drummer yang energik saat bermain drum, begitu juga gerakan dasar di pound fit. Namun, Gerakan itu dipadukan dengan menari dan melompat. Alhasil kamu akan melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik dalam olahraga ini.

  1. Memperbaiki Bentuk Tubuh dan Otot

Meski berunsur kalori, tetapi  olahraga ini juga dapat memperbaiki bentuk tubuh dan otot. Jadi pound fit tidak hanya cocok untuk orang yang gemuk tetapi juga kurus. Pasalnya, olahraga ini mengombinasikan squat, lunge, dan push-up yang dapat membantu mengencangkan otot-otot di bagian kaki, pinggul, perut, dan lengan. Jika dilakukan dengan rutin dan cara yang benar, maka hal ini akan membantu membentuk tubuh yang lebih proporsional dan atletis.

  1. Mengurangi Stres dan Melatih Percaya Diri

Mengapa bisa terjadi? Karena gerakan pound fit penuh energi seperti pukulan drumstick sehingga dapat menjadi cara yang efektif untuk melepaskan emosi negatif dan juga menghilangkan stres.

Selain itu, musik yang dipergunakan juga dapat membuat peserta menjadi lebih rileks sehingga dapat memperbaiki fokus. Begitu emosi tersebut tersalurkan dan berkeringat, begitu selesai berolahraga, hormone endorphin akan keluar sehingga memunculkan energi positif dan menambah rasa percaya diri.

  1. Membantu Masa Pemulihan Pasien yang Menjalani Terapi Fisik

Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom menyatakan jika pound fit dapat memperkuat otot dan sendi. Latihan ini bisa digunakan sebagai terapi pelengkap bagi pasien yang sedang menjalani terapi fisik untuk mempercepat pemulihan mereka. Tentunya, olahraga disesuaikan dengan mobilitas dan kemampuan sang pasien yang tentu masih sangat terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement