Advertisement

Hindari Obat Kimia dan Pilih yang Tradisional? Coba 8 Obat Radang Tenggorokan Alami Ini

Akhmad Ludiyanto
Senin, 16 Oktober 2023 - 16:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hindari Obat Kimia dan Pilih yang Tradisional? Coba 8 Obat Radang Tenggorokan Alami Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO–Cuaca panas ditambah aktivitas yang padat, kurang istirahat dan makan tak teratur membuat kita rentan terpapar radang tenggorakan. Bagi kamu yang  memilih obat tradisional daripada obat kimia, berikut rekomdasi delapan obat alami. 

Baca Juga: Mahasiswa UMY Sulap Sirih Cina Jadi Sirup Herbal Kaya Manfaat

Advertisement

Dikutip dari Siloamhospitals, obat alami direkomendasikan jika gejala yang dialami tidak terlalu parah dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. 

  1. Madu

Radang tenggorokan bisa menjadi gejala dari penyakit GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan. Maka dari itu, madu dapat dijadikan pilihan sebagai obat radang tenggorokan alami karena dinilai aman untuk saluran pencernaan tersebut. 

Madu memiliki sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang diketahui dapat mengatasi radang tenggorokan secara efektif. kamu dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam teh serta minuman sehat lainnya. 

  1. Air garam

Air garam merupakan bahan alami untuk obat radang tenggorokan berikutnya. Benar, air garam merupakan larutan yang bersifat antiseptik sehingga dapat memperlambat serta menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. 

Selain itu, air garam juga bisa mencairkan lendir yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau dahak. kamu dapat melarutkan satu sendok teh garam beryodium pada satu gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah menggunakan air garam hangat tersebut selama 30 detik. 

Kamu dapat melakukannya sebanyak 3 sampai 4 kali setiap hari hingga radang tenggorokan mereda. 

  1. Air lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Di samping vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan. 

  1. Kunyit

Karena memiliki senyawa bersifat antibakteri, kunyit dapat dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. kamu bisa menumbuk lalu merebus 1 ruas rempah kuning tersebut di dalam air agar bisa mendapatkan sarinya. 

Kemudian, minumlah ramuan herbal tersebut satu kali sehari. kamu juga dapat mencampurkan madu serta perasan air lemon ke dalam larutan sari kunyit agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

Baca Juga: Kemampuan Mengolah Obat Herbal Masyarakat Wareng Jadi Perhatian Tim PKM FF UAD

  1. Cuka sari apel

Obat radang tenggorokan alami berikutnya yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat meredakan sakit yang ditimbulkan dari radang tenggorokan. 

Untuk menggunakannya, kamu dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Lalu, berkumurlah dengan larutan cuka sari apel tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin. 

  1. Sari akar licorice

Licorice atau biasa dikenal dengan sebutan akar manis merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat. Benar, sari akar licorice ini bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. 

Lantaran, minuman herbal tersebut membantu mengencerkan sekresi lendir sehingga dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega. Selain itu, sari akar licorice juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan. 

  1. Teh Jahe

Rekomendasi obat radang tenggorokan alami selanjutnya yaitu teh jahe. Teh jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat antiinflamasi serta analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari radang tenggorokan. Konsumsi teh jahe hangat untuk melegakan radang tenggorokan dengan lebih optimal. 

  1. Bawang putih

Selain sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi, bawang putih juga bisa membantu mengatasi nyeri pada radang tenggorokan. Bawang putih diketahui memiliki senyawa allicin yang bersifat antimikroba sehingga mampu mengatasi radang tenggorokan karena infeksi bakteri. Kamu dapat mengunyah bawang putih secara langsung untuk dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PAN Buka Peluang Eko Patrio hingga Anak Zulhas Jadi Cagub di Pilkada DKI Jakarta

News
| Senin, 06 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement