Advertisement

Mahasiswa Harus Tahu, Ini Sederet Komunitas Peduli Sampah di Jogja

Lajeng Padmaratri
Senin, 11 September 2023 - 22:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Mahasiswa Harus Tahu, Ini Sederet Komunitas Peduli Sampah di Jogja Sampah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bagi mahasiswa, aktif dalam banyak kegiatan tentu menjadi kesenangan tersendiri. Apalagi, jika kegiatan yang dilakukan bisa berdampak positif terhadap lingkungan dan alam di sekitar.

Sebagai Kota Pelajar, Jogja tak lepas dari banyaknya komunitas yang tumbuh dan berkembang berkat dimotori anak-anak muda. Dari komunitas hobi, sesama profesi, hingga perkumpulan dengan kepedulian lingkungan yang sama ada di Jogja.

Advertisement

BACA JUGA: Mengatasi Polusi Udara Ada Caranya, Ini Menurut Guru Besar ITB

Isu lingkungan menjadi persoalan yang menjadi kepedulian banyak anak muda, termasuk mahasiswa di Jogja. Tak jarang, mahasiswa Jogja tergerak untuk bergabung ke dalam sebuah komunitas lingkungan dan menjadi relawan.

Bagi mahasiswa Jogja, berikut ini lima komunitas peduli sampah yang bisa diikuti untuk menambah pengalaman.

Komunitas Peduli Sampah di Jogja

1. Garduaction

Resah dengan adanya persoalan sampah di kawasan wisata pesisir Bantul membuat Komunitas Garduaction aktif melakukan kegiatan pemilahan sampah melalui bank sampah dan mengedukasi pengelolaan sampah ke masyarakat sekitar maupun wisatawan.

Garduaction (Garbage Care and Education) peduli lingkungan ini sudah berdiri sejak 4 Juli 2015 di pesisir Pantai Parangkusumo, Bantul. Komunitas ini menerima mahasiswa yang ingin menjadi relawan penggerak programnya. 

2. Bye-Bye Plastic Bags

Sejumlah anak muda di Jogja membua gerakan untuk mengurangi penggunaan plastik melalui Komunitas Bye-Bye Plastic Bags (BBPB) Jogja. Melalui gerakan yang diadopsi dari Bali tersebut, komunitas yang didominasi mahasiswa itu ingin generasi muda memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

BACA JUGA: Investor Asal Jogja Tertarik Mengelola Sampah Anorganik di Bantul

3. Marine Buddies Jogja

Problem sampah tidak hanya berdampak di daratan, melainkan juga mencemari lautan. Keresahan ini ditangkap oleh sekumpulan anak muda yang aktif bergerak mengedukasi kelestarian laut melalui komunitas bernama Marine Buddies Jogja.

Komunitas yang terbentuk pada 2019 ini berupaya mengedukasi masyarakat untuk mengurangi produksi sampah dan tidak membuang sampah ke sungai. Sebab, sampah yang masuk ke sungai bisa berakhir di lautan dan mencemari ekosistem bahari.

4. Gombal Project

Berawal dari keresahan mengenai banyaknya baju bekas yang menumpuk dan entah bermuara kemana, Gombal Project membuat sebuah gerakan yang bertujuan mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan ulang limbah pakaian di rumah.

Di tangan kreatif komunitas yang berdiri sejak 2018 ini, limbah pakaian itu dapat diolah menjadi tas yang fashionable maupun produk baru lainnya yang fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement