Advertisement

Pentas Ketoprak Mangir in Love Kombinasikan Tari dan Sinema

Triyo Handoko
Senin, 21 Agustus 2023 - 21:02 WIB
Maya Herawati
Pentas Ketoprak Mangir in Love Kombinasikan Tari dan Sinema Suasana pertemuan perdana pembahasan pentas ketoprak Mangir In Love yang akan ditampilkan dengan silang media, Minggu (20/8/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penulis sekaligus budayawan Jogja, Joko Santosa bersama Sanggar Sosrobahu tengah mempersiapkan pentas ketoprak dengan silang media bertajuk Mangir In Love. Pentas silam media ketoprak itu akan menampilkan berbagai nama kondang seperti Yati Pesek, Dalijo Angkring, Yu Beruk, hingga penari Bimo Wiwohatmo.

Silang media yang akan ditampilkan dalam gelaran ketoprak ini akan mengombinasikan tari dan sinema. Cerita ketoprak ini sendiri diangkat dari novel Joko Santosa berjudul Sihir Pembayun. Novel tersebut telah terbit pada 2014 silam, lalu diangkat dalam pentas teater pada 2015. “Sekarang diangkat ke pentas ketoprak dengan pendekatan media berupa tari dan sinema,” jelas Joko, Senin (21/8/2023).

Advertisement

Joko yang telah menulis enam novel ini menjelaskan tari dan sinema yang akan ditampilkan dalam pentas ketopraknya akan sangat inovatif. “Keluar dari pakem yang ada dan menampilkan sesuatu yang baru, tapi tetap membawa semangat seni tradisi,” katanya.

BACA JUGA: Sudah Dingin Masih Ingin Berburu Hawa Dingin? Ke Jogja Utara Saja!

Joko menjelaskan pentas ketoprak ini merupakan inisiasi darinya dan  akan ditapilkan di Sleman City Hall pada Oktober mendatang. “Kami pilih mall juga punya tujuan agar generasi milenial tertarik lagi pada seni tradisi khususnya ketoprak,” terangnya.

Pilihan media tari dan sinema, lanjut Joko, juga dimaksudkan agar ketoprak dapat diminati oleh generasi muda. “Agar terlihat baru, lewat pengemasan yang kreatif supaya generasi muda tertarik,” katanya.

Total ketoprak ini akan dipentaskan oleh lebih dari 50 orang. “Selain tokoh seni tradisi yang sudah kondang, ada juga generasi muda yang berpartisipasi,” ujarnya.

Persiapan pentas ketoprak Mangir In Love ini, sambung Joko, sudah mulai dipersiapkannya. “Kami sudah mulai mempersiapkannya sejak minggu kemarin, ada pertemuan awal membahas tema dan konsep pentasnya. Untuk memantapkan gagasan yang ada dan menyambung pemahaman bersama,” tuturnya.

Pentas ketoprak ini, dijanjikan Joko bakal istimewa dan patut ditunggu. “Kami melakukan ini terutama untuk nguri-uri budaya yang ada sekaligus mengajak generasi muda agar terus merawatnya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement