Advertisement

5 Langkah Menjaga Kadar Kolagen di Kulit Supaya Tampil Awet Muda

Abdul Hamied Razak
Rabu, 12 Juli 2023 - 11:37 WIB
Abdul Hamied Razak
5 Langkah Menjaga Kadar Kolagen di Kulit Supaya Tampil Awet Muda Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seiring bertambahnya usia, tampilan kulit tidak seperti dulu lagi karena kadar kolagen dan elastin juga berkurang. Padahal kolagen adalah protein penting yang perannya besar bagi tubuh termasuk mendukung struktur kulit.

“Kolla” berasal dari bahasa yunani yang artinya lem, yang bermakna bahwa kolagen beraksi sebagai perekat bagian-bagian tubuh seperti tulang, kulit, otot, tendon, dan ligamen.

Advertisement

Maka dari itu, kalau kolagen semakin menipis, kulit kita akan tampil lebih kusam dan banyak kerutan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, melakukan hal-hal ini bisa menjaga kadar kolagen Anda tetap lancar dan awet muda lebih lama.

1. Konsumsi makanan tinggi vitamin C

Pastikan Anda tidak kekurangan vitamin C setiap hari, karena bukan hanya baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk memproduksi kolagen.

Untuk mendapatkan vitamin C secara alami kamu bisa mengkonsumsi jeruk, lemon, kiwi, beragam buah beri, wortel, brokoli, dan paprika, serta dilengkapi dengan minum suplemen vitamin C 500 mg.


2. Hindari hal-hal yang bisa merusak kolagen

Pola hidup tidak sehat dapat mempengaruhi kolagen dalam kulit. Apalagi jika Anda malas menggunakan sunscreen? Padahal sinar ultraviolet bisa menghambat pertumbuhan kolagen di kulit lho.

Jika Anda perokok, itu juga bisa mengurangi kadar kolagen di kulit, begitu pula jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat. Jadi sebaiknya hindari paparan sinar matahari berlebihan, kurangi rokok dan jangan ngemil terlalu banyak karbo ya.

3. Pilih skincare dengan kandungan kolagen

Sudah banyak sekali skincare yang mengandung kolagen di pasaran, mulai dari facial wash, serum, hingga moisturizer. Bahkan bisa digunakan sejak usia 20-an untuk memperlambat penuaan.

Yang penting kuncinya Anda bisa dengan rutin menggunakannya. Hal itu dijamin akan mendapatkan kulit yang lebih kenyal dan ternutrisi.

4. Gunakan skincare retinol secara rutin

Retinol adalah kandungan yang terkenal powerful untuk kulit, karena mampu memicu produksi kolagen dalam kulit, mengencangkan kulit, sekaligus membantu merawat jerawat dan menyamarkan noda gelap.

Skincare yang mengandung retinol biasanya itu serum, Anda bisa menggunakannya seminggu dua kali saat malam hari saja. Jangan lupa, besok paginya Anda harus menggunakan sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari sinar matahari.

5. Lengkapi dengan asupan suplemen kolagen

Mengutip dari Healthline, ada penelitian di tahun 2019 menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengkonsumsi suplemen kolagen tampak memiliki kulit yang lebih elastis. Jadi, Anda bisa menambahkan juga untuk mengkonsumsi suplemen kolagen dalam keseharian seperti Glowlagen dari Tanskin.

Glowlagen adalah kolagen drink dengan rasa cherry yang menyegarkan, mengandung fish collagen sebagai sumber kolagen pangan. Selain itu Glowlagen juga dilengkapi dengan L-Glutathione yang berfungsi untuk mengurangi radikal bebas dan toxin dalam tubuh.

Kandungan lain suplemen kolagen ini seperti Red Beet, dan Ascrorbic Acid. Suplemen kolagen ini sudah bersertifikat halal dan BPOM. Kamu bisa mengkonsumsi Glowlagen pagi dan malam hari, 1 sachet yang di campur dengan air dingin 150 ml.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar kolagen di dalam kulit Anda. Dengan melakukan 5 hal di atas secara rutin, kamu bisa banget lho punya kulit awet muda dan glowing seperti yang Anda inginkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement