Advertisement

Unik! Bukannya Manusia, Pulau di Jepang ini Malah Dihuni Kucing

Hadistia Leovita Subakti
Rabu, 05 Juli 2023 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Unik! Bukannya Manusia, Pulau di Jepang ini Malah Dihuni Kucing Kucing-kucing yang tinggal di Kota ?zu, Ehime, Jepang. - Ist/Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pulau Kucing yang terletak di Kota Ōzu, Ehime, Jepang, bisa disebut sebagai salah satu pulau teraneh dan unik di dunia. Bagaimana tidak? Bukannya dihuni manusia, pulau ini justru dihuni kucing.

Pulau yang dikenal sebagai Aoshima ini juga memiliki kuil kucing dan penginapan berbentuk kucing untuk wisatawan. Ratusan kucing yang hidup bebas di sini membuat pulau ini disebut sebagai surganya kucing.

Advertisement

Dahulu, pada saat akhir Perang Dunia II, sekitar 900 orang tinggal di pulau Aoshima. Mata pencaharian mereka di pulau tersebut antara lain memancing dan mengolah tanah. Mereka berusaha menjalani kehidupan yang tenang pascaperang.

Sayangnya selama beberapa dekade, mencari nafkah di Aoshima menjadi semakin sulit karena perikanan sarden habis dan mengakibatkan orang-orang pergi bekerja di kota.

Pada 2019, hanya ada enam orang yang menganggap pulau Aoshima sebagai tempat tinggal. Akibat populasi manusia yang semakin berkurang, jumlah kucing yang hidup di pulau itu justru meningkat pesat.

Baca juga: Terjangkit Anthrax, Kapanewon Semanu di Gunungkidul Diisolasi Terbatas

Kucing-kucing tersebut adalah milik penduduk yang meninggalkan kota tersebut dan juga milik para lansia yang sudah tutup usia. Kucing yang awalnya dipelihara untuk berburu tikus, justru semakin meningkat populasinya hingga ratusan.

Dalam beberapa tahun terakhir, reputasi pulau ini berkembang pesat dan membuat para wisatawan dari berbagai belahan dunia berkunjung ke pulau ini. Sebagian besar wisatawan yang datang juga membawa makanan untuk para kucing di pulau ini.

Kucing-kucing di Aoshima bertahan hidup dengan makan bola nasi dan kentang yang mereka dapatkan dari para wisatawan. Dengan tidak adanya predator alami, para kucing tersebut berkeliaran di pulau ini tanpa rasa takut.

Bagi Anda pecinta kucing dan ingin mengunjungi pulau ini, Anda bisa menaiki kapal feri selama satu jam dari pusat Ishinomaki, Jepang. Tertarik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

26 Persen Pembiayaan CIMB Niaga Mendukung Transisi yang Berkelanjutan

News
| Sabtu, 29 Juni 2024, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement