Advertisement

Cara Berhenti Mencintai Mantan dan Cepat Move On

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 26 Juni 2023 - 22:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Berhenti Mencintai Mantan dan Cepat Move On Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—“Baru putus, baru saja putus, tak perlu engkau bingung,” begitulah kira-kira kata Yura Yunita melalui lagunya “Kita Harus Bahagia”. Hal itu ia katakan karena melihat sebagian orang masih ada perasaan cinta yang tersisa meski hubungan telah berakhir dengan sang mantan.

Akibatnya mereka bingung bagaimana cara untuk berhenti mencintai sang mantan kekasih dan mulai untuk move on.

Advertisement

Tak perlu bingung, cukup simak rangkuman berikut untuk membantu kamu berhenti mencintai seseorang dan move on.

1. Mengakui dan menerima keadaan bahwa hubungan telah berakhir

Hal ini mungkin terkesan mudah namun tak sedikit pula yang masih sulit menerima bahwa hubungan asmara telah berakhir. Mengakui dan menerima keadaan akan menjadi satu langkah kecil menuju pertumbuhan diri yang lebih baik. Mungkin dengan berpikir jika hubungan dilanjutkan tidak akan ada perubahan yang lebih baik, dapat membantu membuat perasaanmu perlahan menghilang.

2. Relakan namun ambil pelajaran darinya

Berhenti mencintai seseorang tak berarti merelakan segala sesuatu darinya, setidaknya melalui hubungan yang tidak berjalan baik itu kamu bisa mengambil pelajaran baru, misal terkait hubungan seperti apa yang kamu inginkan dimasa depan.

Namun jangan sampai perasaan atau memori itu menghalangi jalanmu ke depan. Cukup ambil pelajarannya, validasi perasaanmu, dan mulailah cari kedamaian serta melangkah maju.

3. Fokus pada diri sendiri

Fokus pada diri sendiri dapat dimulai dengan lebih mencintai diri sendiri, karena tak jarang saat dalam hubungan seseorang lebih memprioritaskan sang kekasih dibandingkan dirinya sendiri. Mencintai diri sendiri bisa menjadi satu proses penting lainnya dari belajar berhenti mencintai seseorang.

Kamu dapat mencoba hobi baru atau melakukan perawatan diri yang mungkin selama ini tidak sempat dilakukan. Cara lainnya ialah memvalidasi rasa seperti mengaku merasa kesepian atau ingin merasa dicintai. Setidaknya cara ini dapat membantu mengalihkan pemikiran seperti, "Aku akan lebih baik dengan mereka," atau "Apa yang salah denganku karena masih mencintai mereka?"

4. Waktu adalah obat terbaik untuk sembuh

Sama seperti sakit fisik, sakit hati juga memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk sembuh dengan sempurna. Oleh karenanya, hindari untuk terlalu memaksakan diri segera melupakannya namun terimalah bahwa terluka merupakan hal yang wajar serta yakinkan diri rasa sakit tak bertahan selamanya dan akan hilang seiring waktu.

5. Pererat hubungan dengan sahabat maupun keluarga

Mempererat hubungan dengan sahabat dan keluarga dapat membantumu merasakan cinta, kasih sayang, dan kebahagiaan dari mereka sehingga kamu terhindar dari perasaan kurang dicintai atau membagikan rasa cinta atau energi itu ke tempat lain. Disaat yang sama kamu juga bisa meminta dukungan untuk membantumu menyembuhkan diri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement