Advertisement

Cara Mencegah Jerawat Haid Tidak Semakin Parah

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 18 Juni 2023 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Mencegah Jerawat Haid Tidak Semakin Parah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jerawat haid hampir tidak bisa dihindari. Jerawat jenis ini bisa muncul sebelum atau saat haid sedang berlangsung. 

Kemunculannya memang membuat penampilan wajah menjadi terganggu. Untuk menghilangkannya memang hampir tidak mungkin karena jerawat ini berhubungan dengan siklus organ reproduksi wanita. 

Advertisement

Namun kamu dapat melakukan pencegahan agar jerawat haid tidak semakin parah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini caranya:

1.Jaga kebersihan wajah

Rutin mencuci wajah, maksimal dua kali sehari, menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit akan membantu mencegah pertumbuhan jerawat haid semakin parah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi sebum di wajah.

2. Cuci tangan pakai sabun

Jangan pernah menyentuh wajah (termasuk jerawat) dalam keadaan tangan kotor, karena bisa membuat jerawat semakin memburuk. Sebaiknya, cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

3. Perhatikan asupan makanan

Saat menstruasi, batasi konsumsi gula, karbohidrat, atau susu. Alasannya karena makanan tinggi glikemik, seperti roti putih dan kentang, bisa memicu lonjakan gula darah yang sering menjadi penyebab peradangan kulit.

4. Perbanyak minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga bisa membantu proses detoksifikasi dan menjaga kelembapan kulit. Minum air putih, setidaknya minimal delapan gelas per hari, membantu melancarkan peredarah darah sehingga bisa mencegah jerawat membandel.

5. Pakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Oleskan tabir surya, minimal SPF 30, secara merata pada tubuh minimal 20 menit sebelum beraktivitas. Gunakan ulang tiap dua jam sekali agar perlindungannya maksimal. Hal ini diperlukan untuk mengurangi dampak negatif akibat paparan sinar UV matahari berlebih.

6. Lakukan facial

Menjelang akhir siklus haid, tidak ada salahnya untuk facial wajah. Perawatan ini mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyingkirkan sebum berlebih, sehingga mencegah kemunculan jerawat saat datang bulan atau haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Balas Serangan Roket Hamas yang Tewaskan 3 Tentara, Israel Bombardir Rafah

News
| Senin, 06 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement