Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

7 Makanan yang Bisa Bikin Dehidrasi, Cek di Sini

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 14 Juni 2023 - 14:47 WIB
Abdul Hamied Razak
7 Makanan yang Bisa Bikin Dehidrasi, Cek di Sini Buah Bit.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Saat membahas persoalan dehidrasi mungkin pikiran Anda akan langsung tertuju pada minuman. Namun, ternyata makanan juga dapat mempengaruhi hidrasi dalam tubuh.

Hidrasi itu penting untuk membantu membantu sel-sel otak dalam komunikasi yang efektif satu sama lain, menjaga kelembapan, membantu metabolisme, melindungi sistem saraf pusat, meningkatkan produksi air liur, keteraturan pencernaan, vitalitas bakteri usus yang sehat, dan mencegah sembelit.

Advertisement

BACA JUGA: Konsumsi Buah dan Sayur Warga Kota Jogja Meningkat

Ada beberapa nutrisi utama dan komponen makanan yang berkontribusi terhadap dehidrasi, termasuk natrium tinggi, protein yang dikonsumsi dalam jumlah besar, menambahkan gula, dan nutrisi lain yang menyebabkan dehidrasi seperti mineral kalium dan komponen makanan yang dapat menyebabkan diare.

Melansir Real Simple, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi:

1. Makanan Ultra-Proses

Makanan ultra-proses seperti keripik kentang, makanan kemasan beku, makanan cepat saji, atau permen merupakan makanan yang dapat membuat Anda terus merasa dehidrasi. Hal itu dikarenakan adanya asupan natrium, gula tambahan, atau asupan protein. Jika kandungan tersebut digabung akan membuat Anda dehidrasi.

2. Acar

Anda kerap kali menemukan acar dalam sajian nasi goreng, mi goreng, atau sajian lainnya. Adanya acar dalam sebuah makanan akan membuat Anda dehidrasi karena cenderung sarat dengan natrium.

3. Kecap asin

Kecap asin mengandung banyak natrium. Meskipun ada varietas yang lebih rendah natrium yang tersedia, kecap asin ini perlu dinikmati secukupnya saja jika Anda sudah mengalami dehidrasi.

4. Makanan manis/penutup

Kandungan gula rafinasi atau pemanis buatan yang terdapat pada makanan penutup dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini karena gula tambahan akan menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan, sementara beberapa pengganti gula dapat menyebabkan diare sehingga akan menguras cadangan air Anda.

5. Asparagus

Asparagus memang merupakan sayuran yang sehat. Namun, asparagus mengandung asparagin yang tinggi, yang disebut sebagai diuretik. Sayuran ini tidak hanya menyebabkan urine Anda berbau, tapi juga memberi sinyal pada tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak lagi.

Efek dehidrasi dari sayuran ini akan lebih mengkhawatirkan jika Anda konsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau berada dalam posisi di mana Anda lebih rentan terhadap dehidrasi, seperti jika Anda sedang sakit.

6. Artichoke

Artichoke kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Artichoke mengandung asparagin yang tinggi dan dianggap sebagai makanan diuretik. Namun, makanan ini akan menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

7. Bit

Buah bit juga kaya akan nutrisi, tetapi terdapat salah satu nutrisi yang tinggi, yaitu kalium yang membuat dapat membantu mengeluarkan cairan dari tubuh. Bit yang biasa ditemukan dalam bentuk jus akan membuat Anda lebih sering ke kamar mandi daripada minuman lainnya. Oleh karena itu, semakin sering Anda buang air kecil, semakin besar kemungkinan Anda butuh minum untuk mengisi kembali cairan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Jakarta, Mentan Syahrul Limpo Langsung Temui Surya Paloh

News
| Kamis, 05 Oktober 2023, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Garrya Bianti, Resort Eksklusif Baru di Jogja yang Cocok untuk Healing Anda

Wisata
| Rabu, 04 Oktober 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement