Advertisement

Rekomendasi 4 Tempat Nongki Cantik Pinggir Rel Kereta di Jogja

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 06 Juni 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi 4 Tempat Nongki Cantik Pinggir Rel Kereta di Jogja Suasana nongkrong di Kopi Stasiun Kalasan atau Kostaka. - Instagram @kopistasiunkalasan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Siapa sangka suara lantang kereta api menjadi begitu menenangkan bagi sebagian orang. Tak ayal jika sebagian tempat makan atau kafe memilih lokasi berbisnis-nya tepat di pinggir rel kereta.

Di sepanjang lintasan rel yang terbentang dari daerah Wates hingga Prambanan, terdapat sederet cafe sekaligus tempat nongkrong cantik yang bisa dikunjungi. Kamu dapat menikmati suara grujes-grujes yang khas dari kereta dengan aman, nyaman, dan syahdu di empat rekomendasi tempat nongki berikut ini:

Advertisement

1. Loko Cafe Malioboro

Berlokasi tak jauh dari Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu yakni sekitar 200 meter ke arah timur atau sebelum memasuki Jalan Malioboro terdapat Loko Cafe Malioboro, sebuah opsi tempat singgah sejenak setelah berkeliling kawasan Malioboro seraya melihat kereta yang melintas tepat dari pinggir rel.

Tidak sulit ditemukan, lokasinya berada di Kompleks Pasar Kembang, Jalan Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Jogja. Jika ingin nongki di sini kamu dapat memarkirkan kendaraan di parkiran Abu Bakar Ali yang berdekatan dengan lokasi cafe.

Loko Cafe Malioboro buka selama 24 jam, menawarkan aneka pilihan kopi dan makanan dengan harga berkisar dari Rp15.000 hingga Rp30.000-an.

Baca juga: Peninggalan Ki Hajar Dewantara Dirusak Massa Tawuran, Begini Respons Sultan Jogja

2. Angkringan Kopi Joss Pak Tomi

Meski tak berada tepat di pinggir rel kereta, dari angkringan Pak Tomi kamu bisa melihat kereta yang melintas di Jembatan Kereta Api Kewek ditemani latar langit senja atau langit malam serta hijau rerumputan di pinggir aliran Kali Code

Angkringan ini berada tak jauh dari kawasan Malioboro dan Kota Baru yakni di sisi utara Jembatan Kewek tepatnya di Jalan Abu Bakar Ali No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Jogja. Suasana angkringan yang ciamik ini sudah bisa kamu tandangi sejak pukul 16.00 hingga tengah malam.

Pak Tomi juga menyediakan Kopi Joss yakni kopi khas Jogja yang disajikan dengan arang panas dan tentunya tersedia pula aneka nasi kucing, gorengan serta sate-satean khas angkringan dengan harga yang terjangkau yakni berkisar dari Rp2.000 hingga Rp7.000an saja.

3. Kopi Kampung Ambarukmo (Kokambar Coffee)

Kokambar atau Kopi Kampung Ambarukmo berada di tengah perkampungan Ambarukmo dan lokasinya tepat di pinggir rel kereta yang melintang di tengah perkampungan.

Meski berada di tengah perkampungan kedai kopi ini termasuk luas bahkan perpaduan senja dan kereta yang melintas tak kalah elok dengan spot-spot lainnya. Tak jarang Kokambar juga turut diramaikan dengan penampilan live music.

Bila ingin nongki di Kokambar Coffee letaknya ada di Jalan Perumahan Kp. Ambarukmo, Jaranan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dan dapat dikunjungi dari pukul 09.00 hingga 23.00 setiap harinya.

Sajian menu-nya pun beragam dari aneka kopi, teh, wedang, jus, dan lain-lainnya serta makanan ringan yang manis, gurih, asin atau makanan berat obat dari rasa lapar. Tergolong terjangkau harganya dibanderol dari Rp.6000 hingga

4. Kopi Stasiun Kalasan (Kostaka)

Kopi Stasiun Kalasan atau disingkat Kostaka ialah kedai kopi yang berlokasi di bekas stasiun tua tak jauh dari Candi Kalasan dan kompleks Candi Prambanan tepatnya di Jalan Stasiun Kalasan, Kringinan, Tirtomartani, Kalasan, Yogyakarta.

Kostaka memiliki area outdoor yang luas untuk spot melihat kereta yang wira-wiri. Lokasinya cocok untuk nongki bersama teman atau pasangan. Harga kopi, kudapan, dan makanan berat-nya pun masih tergolong murah yang dibanderol dari Rp6.000 hingga Rp22.000-an saja, buka setiap hari mulai dari pukul 10.00–22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement