Advertisement

Pecahkan Rekor Dunia, Pria Ini Putar Bianglala dengan Tangan Kosong demi Galang Dana

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 02 Juni 2023 - 17:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Pecahkan Rekor Dunia, Pria Ini Putar Bianglala dengan Tangan Kosong demi Galang Dana Orang kuat Australia bernama Troy Conley-Magnusson memutar bianglala di taman hiburan demi memecahkan rekor dunia dan menggalang dana. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SYDNEY—Menggunakan tangan kosong, orang kuat Australia bernama Troy Conley-Magnusson memutar seluruh bianglala di taman hiburan hanya dalam waktu 16 menit 55 detik. Menariknya, ia melakukan hal ini demi galang dana.

Pria berusia 39 tahun itu tidak hanya mencetak rekor waktu tercepat untuk memutar kincir angin dengan tangan, tetapi dia juga mengumpulkan lebih dari AU$15.500 atau setara Rp152 juta untuk proyek amal Little Wings, yang membantu anak-anak yang sakit kritis dan keluarga mereka.

Advertisement

Melansir Guinness World Records, Troy melakukan aksinya di Luna Park, Sydney itu untuk mengenang seorang anak yang berusia 11 tahun bernama Zac, yang meninggal dunia tahun lalu setelah berjuang melawan kanker mata.

“Dia adalah anak 11 tahun terkuat yang pernah saya temui dan pahlawan mutlak saya. Rekor ini didedikasikan untuk ingatan dan kekuatannya yang jauh melebihi milik saya,” kata Troy.

Agar berhasil mencapai rekor tersebut, bianglala yang digunakan harus memiliki minimal 24 gondola yang masing-masing memiliki berat minimal 700 kg. Adapun berat total struktur minimal harus 45.000 kg.

Adapun bianglala itu diatur dalam mode "freewheeling", yang berarti bahwa hidrolika dan rem dinonaktifkan. Roda itu tidak diberi tenaga sama sekali, jadi Troy harus menggunakan kekuatannya sendiri untuk memutarnya.

“Sejauh ini, ini adalah salah satu tantangan fisik dan mental terberat yang pernah saya lakukan, dan saya telah melakukan beberapa kekuatan yang cukup ekstrem selama bertahun-tahun,” kata Troy.

Ini adalah gelar rekor baru, artinya tidak ada pemegang rekor sebelumnya. Sehingga pihak Guinness memberi tantangan bagi Troy menyelesaikan putaran itu dalam 30 menit. Rupanya, pria itu memutar roda hanya dalam waktu setengahnya.

Rupanya, Troy adalah pendiri Pull 4 Purpose, komunitas orang kuat yang berdedikasi untuk menampilkan kekuatan kelas dunia yang sesungguhnya dan mengumpulkan uang untuk mereka yang paling membutuhkan.

Rupanya, ini adalah gelar Guinness World Records keempatnya. Tiga lainnya adalah menarik mobil dengan gigi, mendorong kendaraan terberat, dan menarik pesawat ringan dengan gigi. Troy berencana untuk memecahkan lebih banyak rekor di masa depan, menguji kekuatannya untuk menggalang dana bagi mereka yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement