Advertisement

Tips Merawat Luka Agar Cepat Sembuh dan Tak Berbekas

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 21 Mei 2023 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Merawat Luka Agar Cepat Sembuh dan Tak Berbekas Ilustrasi luka. - Cleveland Clinic

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Terjatuh, tergores, tersayat, atau jenis luka apapun, akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab luka tersebut akan mengakibatkan rasa gatal, memerah, hingga bekas luka yang memerah ataupun menghitam.

Bekas luka tentu akan mengganggu penampilan terutama jika berada di area yang terlihat seperti kaki, tangan, dan wajah membuat kepercayaan diri pun ikut menurun. Merawat bekas luka mungkin hal yang mudah akan tetapi jika tidak ditangani dengan tak hanya meninggalkan bekas, dapat pula memicu infeksi akibat luka.

Advertisement

Untuk itu perhatikan tips berikut untuk merawat luka agar cepat sembuh dan tak berbekas, yang dihimpun dari berbagai sumber:

- Jaga luka tetap bersih

Menggunakan kasa bukan berarti kulit akan terjaga dari kotoran. Kasa pembalut luka juga harus diganti secara rutin setiap hari demi menjaga higienitas area kulit yang terluka. Selain itu menggunakan sabun lembut serta air untuk membersihkan area luka akan membantu meregenerasi kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Lurah Caturtunggal Ditangkap Terkait Mafia Tanah Kas Desa, Pemda DIY: Jadi Pembelajaran Bagi Perangkat Desa Lain

- Gunakan salep luka

Luka yang masih lembap biasanya cenderung sensitif sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari bila dibandingkan dengan luka yang dibuat kering atau diangin-anginkan. Sebab menjaga luka tetap lembap justru membantu sel fibroblas dalam membentuk jaringan baru sehingga luka lebih cepat sembuh bahkan tak menyisakan bekas.

Menjaga kelembapan bisa kamu lakukan dengan rutin mengoleskan salep yang mengandung bahan allantoin, ekstrak allium cepa, panthenol, atau salep antibakteri sebelum menutupi luka dengan plester. Petroleum jelly dapat kamu gunakan sebagai pengganti salep, namun perlu diingat jika luka dibersihkan setiap hari, maka kamu tak perlu menggunakan salep antibakteri.

- Gunakan Silicone gel sheets atau hydro gel sheets untuk menutupi luka

Selain menggunakan kain kasa dan plester, kamu bisa pula menggunakan silicone gel sheets atau hydro gel sheets untuk menutup luka. Penelitian menunjukkan baik silicone gel sheets atau hydro gel sheets keduanya membantu bahkan disebut lebih efektif dalam memperbaiki tampilan bekas luka.

Silicone gel sheets terbuat dari silikon yang menyerupai karet membuatnya lebih tahan air, tak menempel pada luka, serta tidak mudah lepas saat berkeringat. Sebagian besar dapat dipakai selama beberapa hari sebelum harus dilepas dan dibuang. Sementara hydro gel sheets terbuat dari poliakrilat yakni bahan yang sama yang digunakan untuk popok dan dirancang untuk melindungi serta menyerap cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tahan Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement