Advertisement

4 Tindakan Kecil yang Membuat Kamu Merasa Lebih Berharga

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 19 Mei 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Tindakan Kecil yang Membuat Kamu Merasa Lebih Berharga Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mencintai diri sendiri merupakan hal utama untuk membuat diri merasa lebih berharga. Sebagian orang merasa sulit mencintai diri sendiri atau sekadar menerima segala kekurangan serta kelebihan pada dirinya. Hal itu membuat banyak orang sepakat mencintai diri sendiri memang tak semudah mencintai orang lain.

Tak jarang keinginan menjadi sempurna sering membebani diri dan merasa dirinya tak berharga, padahal berharga hanya sekadar perasaan bahwa kamu layak untuk hidup, dicintai, dan diperhatikan tanpa harus menjadi sempurna.

Advertisement

Semua itu bisa kamu capai dimulai dari melakukan tindakan kecil yang akan membuatmu merasa lebih berharga berikut ini:

1. Kenali dan terima diri sendiri

Terlalu fokus pada kesibukan membuatmu berusaha mengenal orang lain sepenuh hati namun lupa pada diri sendiri. Sekedar menyatakan apa yang paling kamu sukai, bisa jadi pertanyaan sulit jika tak mengenal atau menerima diri.

Bila kebingungan melanda kamu bisa coba melakukan tes personaliti, menerapkan self-talk, atau menelusuri tangga musik dan pilih lagu yang membuatmu merasa hidup atau seketika menjadi seperti versi terbaik dari diri. Lalu kamu bisa mulai menelusuri kenapa kamu menyukai lagu tersebut? Kenangan apa yang teringat saat mendengar lagu?

Baca juga: Mumpung Libur dan Cerah, Ini Spot Terbaik Menyaksikan Pemandangan Merapi

2. Fokus dengan jalanmu sendiri

Melihat kehidupan orang lain yang berhasil menggapai impiannya, kerap kali membuatmu bertanya-tanya kapan kamu akan berada di posisi yang sama. Namun hidup bukan soal kompetisi, sama seperti kuda delman fokuslah pada jalanmu sendiri daripada membandingkan diri dengan orang lain dan cobalah bandingkan dirimu di masa lalu dengan masa kini.

Upayamu terasa belum cukup? Kamu bisa pula bergabung dalam komunitas dengan ketertarikan yang sama denganmu serta mampu mendorong satu sama lain untuk terus berkembang.

3. Ingat kembali satu hal baik yang terjadi hari ini

Sebelum terjatuh ke lautan mimpi atau sebelum mencari posisi ternyaman di kasur, sediakan waktu beberapa menit dan coba ingat kembali lalu tuliskan satu hal baik yang terjadi hari ini. Kamu bisa menuliskannya di jurnal, buku harian, atau note di handphone kuncinya ialah kamu harus konsisten. Dengan demikian kamu dapat melihat lebih jelas serta menghargai hal-hal kecil tersebut.

4. Berikan smile-nod pada diri sendiri

Smile-nod atau tersenyum kemudian mengangguk ialah salah satu komunikasi non-verbal yang dilakukan ketika ingin menyapa seseorang atau mengakui seseorang. Mengutip dari Science of People, seorang psikologi Todd Kashdan melakukan eksperimen menarik dimana ia berjalan menyusuri jalanan lalu berinteraksi dengan orang asing dengan melakukan 1 dari 3 hal, yakni melirik ke arah mereka dengan cepat, tersenyum dan mengangguk pada mereka, dan menghindari semua kontak mata dan berpura-pura mereka tidak ada

Hasilnya pun menarik saat Todd mengabaikan orang asing, mereka bukan hanya merasa terputus darinya, namun juga diikuti "rasa koneksi yang lebih rendah dengan orang lain". Dengan kata lain perasaan negatif dan terasing meningkat bahkan saat orang asing mengabaikan kita.

Bayangkan jika itu dilakukan pada diri sendiri, maka saat bercermin cobalah untuk tersenyum dan mengangguk untuk mengakui serta keberadaan diri sendiri karena nyatanya semua orang senang diakui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement