Advertisement

Mungkin Kamu Belum Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Selingkuh

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 17 Mei 2023 - 20:57 WIB
Sunartono
Mungkin Kamu Belum Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Selingkuh Ilustrasi fakta tentang selingkuh. - Istockphoto.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setia menjadi salah satu kunci hubungan asmara dapat berlangsung mungkin hingga maut memisahkan, namun semua itu dapat sirna dalam seketika akibat selingkuh. Hal ini tentu akan menyayat hati mengetahui seseorang yang amat dicintai justru menyakiti mu.

Perasaan yang sama atau lebih buruk lagi ketika ia adalah seorang teman atau seseorang yang kamu kenal terlibat. Seketika perasaan cemas memenuhi pikiran, akan hubungan yang rusak.  Bahkan selingkuh dapat mengubah cara seseorang memandang diri sendiri maupun hubungan romantis secara umum. Adapun fakta menarik terkait selingkuh berikut yang dihimpun dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Terkadang orang selingkuh, bahkan saat mereka bahagia

Hubungan bahagia tak berarti perselingkuhan tidak akan terjadi, sebab salah satu penyebab perselingkuhan ialah seseorang memiliki sifat poliamori yakni seseorang yang menjalani hubungan romantis atau seksual dengan beberapa orang pada waktu yang bersamaan.

BACA JUGA : Dendam karena Istrinya Diajak Selingkuh, Pria

Berbeda dengan poligami yang mengikat hubungan dalam pernikahan, seorang poliamori dapat memiliki status menikah sekaligus memiliki pasangan di luar pernikahan mereka. Poliamori bukanlah sebuah gangguan karena beberapa orang dapat mencintai banyak orang sekaligus, bahkan sifat ini bukan termasuk selingkuh selama adanya persetujuan dari pasangan untuk memiliki pasangan lainnya.

2. Pria cenderung selingkuh sebelum bertambah satu dekade lagi

Ketika pasanganmu mencapai usia dengan angka sembilan atau atau menuju pergantian usia 30, 40, 50, dll perselingkuhan lebih mungkin terjadi, terutama pada pria hal yang sama berlaku untuk wanita, tetapi jumlahnya jauh lebih rendah.

3. Perbedaan reaksi selingkuh oleh pasangan dari jenis kelamin yang sama

Perselingkuhan dengan jenis kelamin yang sama mungkin jarang terjadi, namun sebuah penelitian menemukan bahwa pria lebih toleran jika seorang wanita berselingkuh dengan wanita lain, sedangkan wanita menunjukkan reaksi lebih negatif saat pasangannya berselingkuh dengan sesama jenis.

4. Hanya 1 dari 5 hubungan berakhir karena selingkuh

Banyak orang berpikir jika perselingkuhan secara otomatis mengakhiri hubungan namun faktanya hanya 20% hubungan yang berakhir karena perselingkuhan. Sejumlah alasan memilih bertahan dengan pasangan yang selingkuh seperti bergantung secara finansial pada pasangannya atau tidak ingin meninggalkan trauma pada anak mereka akibat perceraian.

BACA JUGA : Selingkuh Sampai Punya Anak, 2 PNS Gunungkidul Dipecat

Menurut laporan Statistik Indonesia pada tahun 2022 penyebab utama perceraian ialah perselisihan dan pertengkaran. Jumlahnya sebanyak 284.169 kasus atau setara 63,41% dari total faktor penyebab kasus perceraian di tanah air. Sementara kasus lainnya dilatarbelakangi alasan ekonomi, salah satu pihak meninggalkan, kekerasan dalam rumah tangga, hingga poligami.

5. Selingkuh dapat dipengaruhi genetik

Reseptor oksitosin dan vasopresin dapat bervariasi pada setiap orang dan dapat menentukan berapa banyak pria dan wanita yang selingkuh. Mengutip dari Merogenomics, arginine vasopressin ialah hormon yang berhubungan dengan perbedaan perilaku sosial, termasuk kualitas ikatan antar pasangan. Orang dengan reseptor yang kurang sensitif lebih cenderung selingkuh, karena mereka punya lebih sedikit empati dan kepercayaan.

Terbuktu pula dengan studi lain tentang heritabilitas perilaku seks di luar nikah meneliti lebih dari 7000 anak kembar dari kedua jenis kelamin menyimpulkan bahwa heritabilitas genetik menyumbang 62% dari perilaku tersebut pada pria dan 40% pada wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement