Advertisement

6 Cara Hilangkan Komedo di Wajah, Dijamin Tidak Kembali Lagi

Tri Indah Lestari
Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Cara Hilangkan Komedo di Wajah, Dijamin Tidak Kembali Lagi Ilustrasi wajah mulus perempuan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Cara paling umum untuk menghilangkan komedo ialah menggunakan pore strip. Namun hasil yang instan dan satisfying ini nyatanya akan menghasilkan lebih banyak minyak dan komedo di wajah.

Hal tersebut terjadi karena selain menghilangkan komedo, pore strip juga dapat menghilangkan minyak alami dan folikel rambut, efeknya kulit jadi kering dan teriritasi. Saat teriritasi memaksa kelenjar sebaceous inilah yang memproduksi minyak dan komedo lebih banyak di wajah.

Advertisement

Lantas bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan komedo agar tidak kembali lagi. Melansir dari Healthiline berikut tujuh cara yang bisa kamu lakukan demi wajah mulus tanpa komedo:

1. Gunakan salicylic acid

Kandungan salicylic acid memiliki kemampuan untuk memecah bahan yang dapat menyumbat pori-pori seperti minyak berlebih maupun sel kulit mati penyebab komedo. Maka coba pertimbangkan menggunakan sabun pencuci wajah mengandung salicylic acid di dalamnya, kandungan ini juga cocok untuk tipe kulit kering.

Awal penggunaan disarankan untuk menggunakannya dimalam hari saja karena beberapa orang sensitif dengan kandungan ini, jika kulit sudah terbiasa kamu bisa mulai menggunakannya dua kali sehari.

Baca juga: Cara Membersihkan Brush Make Up agar Awet dan Bersih Sempurna

2. Eksfoliasi dengan AHA dan BHA

Menghilangkan sel kulit mati yang dapat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat ialah kunci utama untuk menghilangkan komedo, mengeksfoliasi wajah dengan AHA dan BHA akan membantu pengelupasan kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Selain mengatasi komedo, kedua bahan ini dapat menyamarkan garis halus dan flek hitam akibat penuaan.

3. Gunakan sikat pembersih wajah

Serupa dengan efek eksfoliasi AHA dan BHA, menggunakan sikat pembersih wajah saat mencuci wajah mengeliminasi sel kulit mati berlebih, namun ahli dermatologi mengingatkan untuk menggunakan sikat pembersih wajah sesekali saja dan pilihlah sikat dengan bulu yang halus demi terhindar dari iritasi.

4. Cobalah retinoid

Selain membantu kasus jerawat retinoid juga dinilai efektif untuk menghilangkan komedo sebab kemampuannya membersihkan pori-pori dengan mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Kandungan ini turut mempercepat proses pergantian atau regenerasi sel-sel kulit mati. Akan tetapi jika kamu memiliki kulit kering disarankan hindari untuk menggunakan retinoid.

5. Eksfoliasi dengan clay atau charcoal mask

Kedua bahan ini salah satu produk yang mesti dimiliki para beauty enthusiast, kemampuannya dalam mengangkat minyak berlebih hingga ke lapisan terdalam, membuatmu terhindar dari pori-pori tersumbat penyebab utama komedo di wajah.

Tak jarang clay mask mengandung sulfur, yang berguna memecah sel kulit mati yang membentuk komedo. Masker dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu sebagai alternatif lain dari perawatan eksfoliasi.

6. Pertimbangkan lakukan peeling wajah

Peeling sering digunakan untuk mencegah penuaan dini karena dapat mengurangi kerutan atau garis halus atau masalah flek hitam akibat penuaan. Meskipun bukan sebagai pengobatan utama untuk komedo, peeling dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mengecilkan pori-pori yang membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement