Advertisement

Punya Nyali Pecahkan Kode Horor? Gim Ratel Escape Room Pertama di Jogja Layak Dicoba

Sunartono
Selasa, 02 Mei 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Punya Nyali Pecahkan Kode Horor? Gim Ratel Escape Room Pertama di Jogja Layak Dicoba Venue Ratel Haunted Escape Rooms sebuah permainan adrenalin berkonsep petualang horor. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Permainan memacu adrenalin dengan konsep horor mungkin sudah banyak di Jogja dengan nama rumah hantu. Akan tetapi ada sebuah wahana permainan atau gim horor yang tidak sekadar dikelilingi hantu, namun juga harus memecahkan kode horor untuk bisa terbebas dari situasi mencekam tersebut.

Adalah Ratel Haunted Escape Rooms sebuah permainan adrenalin berkonsep petualang horor pertama di Jogja dan Jawa Tengah saat ini dapat ditermukan di Lippo Plaza Jogja. Inti permainan ini mampu melewati sejumlah ruangan yang terkunci, di mana untuk membuka kunci pintu harus dengan kode dan angka yang cara mendapatkan harus melewati situasi horor mencekam.

Advertisement

BACA JUGA : Keren! Gim Buatan Anak Negeri Ini Mampu Eksis

Waktu yang dibutuhkan sebenarnya hanya 15 sampai 20 menit dengan tiga ruangan yang harus dilewati. Pada ruangan pertama akan disambut dengan suasan sepi kondisi alas papan kayu yang paling ujung ruangan terdapat beberapa benda keramat seperti tengkorak. Di ruangan pemain harus mencari angka, jika sudah mendapatkan lalu bergeser ke ruang berikut dengan melewati lorong sempit.

Di tengah melewati lorong itu terdapat sebuah kepala manusia yang cukup membuat orang kaget karena ruangan kondisi gelap. Kode yang didapatkan pada ruang pertama tadi untuk membuka ruangan kedua. Begitu juga saat di ruangan kedua harus menemukan beberapa buku yang terdapat kode angka untuk membuka ruangan berikutnya.

Kemudian di ruang yang ketiga ada banyak simbil di setiap properti tengkorak yang harus diterjemahkan. “Kalau sudah dapat semua simbolnya dan diterjemahkan ke angka kemudian putar balik, untuk keluar, nah saat keluar ini nanti juga ada tantangan horor lagi dengan ditakuti oleh talent,” kata Founder Ratel Haunted Escape Rooms Hario, Selasa (2/5/2023).

BACA JUGA : Belajar Sejarah Jogja & Objek Wisata dalam Usapan di Ponsel

Permainan ini bisa diikuti maksimal lima hingga enam orang sehingga mereka bisa bekerja sama untuk memecahkan kode-kode guna membuka setiap pintu. Namun jika tidak sanggup atau tidak kuat melewati horor bisa menghubungi petugas untuk kembali.

Uniknya permainan itu berawal dari ide kebiasaan bermain gim digital seperti Silent Hill merupakan gim horor dengan teka-teki dan kengerian yang sunyi maupun Fatal Frame menyediakan pengalaman berburu hantu lewat pendekatan visual. “Kami ingin menghadirkan gim digital ini ke dunia nyata. Sehingga beberapa properti yang kami pakai pun karya handmade kami meski tidak sama persis dengan yang ada di gim bentuknya,” ujarnya.

Selain itu, menariknya talent hantu yang disiapkan untuk memberikan ketegangan tersebut menggunakan konsep mitos misteri urban Jepang. Tidak lagi menggunakan konsep horor lokal.  Adapun tema dan properti selalu diubah setiap beberapa bulan sekali sehingga pengunjung tidak bosa.

Dalam sehari maksimal 33 tim yang masuk, tiketnya Rp40.000. Sebagian besar bisa memecahkan kode-kode, tetapi ada yang kaget refleks sampai memukul talent atau karena panik cepat ingin membuka pintu. “Petunjuknya semua ada dan dijelaskan di awal sehingga tidak perlu panik, ini sangat menantang dan saat ini banyak diminati anak muda, mereka mengistilahkan horror date,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement