Advertisement

Pesan Dokter: Mau Perjalanan, Jangan Begadang!

Newswire
Jum'at, 21 April 2023 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pesan Dokter: Mau Perjalanan, Jangan Begadang! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Para pemudik diimbau untuk menghindari begadang sebelum melakukan perjalanan.

"Pertama, melihat kondisi tubuh apalagi sebagai pengendara yang membutuhkan konsentrasi baik," kata Dokter spesialis penyakit dalam atau internis dr. Aru Ariadno Sp.PD​​​-KGEH, FINASIM dikutip dari Antara Kamis (20/4/2023) malam.

Advertisement

Aru, yang menyelesaikan pendidikan dokter spesialis penyakit dalam di Universitas Gadjah Mada, mengingatkan pemudik bahwa istirahat yang cukup adalah penting untuk dilakukan sebelum berangkat ke kampung halaman. Oleh karena itu, pemudik perlu memperhatikan jam tidur sebelum bepergian dan hindari bergadang semalaman.

Pemudik diminta tidak memaksakan diri untuk melakukan perjalanan bila merasa badan lelah atau mengantuk, sebaiknya berhenti lalu beristirahat jika kondisi badan sudah menunjukkan tanda-tanda letih.​​​​​​​

Selain persiapan fisik, Aru menilai mempersiapkan camilan atau makanan ringan juga perlu diperhatikan para pemudik. Camilan dapat mengantisipasi rasa lapar saat di perjalanan, terutama jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan macet.

Baca juga: Posko THR Kemnaker Terima 2.129 Aduan hingga H-1 Lebaran, DIY Berapa?

Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum dan saat perjalanan mudik juga tidak kalah penting. Aru melarang pemudik mengonsumsi alkohol dan obat-obatan yang mengandung zat yang bisa menyebabkan kantuk supaya pemudik, terutama yang berkendara, tidak mengantuk dan tetap fokus.

Selain itu, usahakan tidak terlalu kenyang karena kekenyangan dapat menyebabkan kantuk.

Aru menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserat sebelum berangkat mudik. Pemudik juga perlu membawa air putih secukupnya untuk rehidrasi tubuh saat berkendara dan makanan yang bersih serta bergizi supaya terhindar dari penyakit selama perjalanan mudik.

"Makan dan minum yang sesuai selama perjalanan. Usahakan tinggi serat sehingga mengurangi rasa lapar lebih cepat," ujar Aru.

Terakhir, pemudik perlu menyiapkan rute jalan terbaik supaya bisa mengantisipasi kemacetan di beberapa titik dan menyesuaikan jam berangkat sesuai dengan kondisi jalan. Aru kembali menekankan untuk segera beristirahat ketika tubuh merasa letih.

"Bila perlu disiapkan pengendara cadangan," kata Aru menutup percakapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement