Advertisement

Rekomendasi Menu Sahur Spesial nan Sehat di Penghujung Ramadan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 21 April 2023 - 01:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi Menu Sahur Spesial nan Sehat di Penghujung Ramadan Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sahur pada hari terakhir Ramadan tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Sebab, esok pagi, kita sudah tidak lagi bangun pagi untuk sahur seperti yang dilakukan 30 hari belakangan ini. 

Untuk membuat sahur terakhirmu menjadi berkesan, ada baiknya kamu menyiapkan makanan yang spesial dan menyehatkan. 

Advertisement

Makanan yang dikonsumsi saat sahur sebaiknya mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh. Jangan hanya mengandalkan porsi yang banyak, tetapi makanan yang disantap harus bergizi sesuai kebutuhan tubuh kita. 

Sebaiknya hindari makanan yang dapat dikonsumsi secara instan, misalnya mi instan. Makanan ini memang bisa membuat lebih cepat kenyang tetapi juga lebih cepat lapar.

LDihimpun dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi untuk menu sahurmu di penghujung Ramadan tahun ini:

Baca juga: Benarkah Leher Tengeng alias Leher Kaku karena Salah Bantal?

1. Sup

Sup terdiri dari beragam sayuran dan terkadang ada pula daging yang membuat kenyang lebih lama. Makanan ini juga dikabarkan dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan pada tubuh. Bahkan, sebuah studi dari Pennsylvania State University mengungkapkan kalau wanita yang mengonsumsi sup untuk sarapan akan makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang.

Selain itu, sup juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Namun ingat, sup yang harus kamu konsumsi adalah sup yang terbuat dari kaldu atau air, bukan sejenis krim sup.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan, sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sahur. Di samping itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada makanan ini akan membuat sistem pencernaan kamu tetap terjaga.

Protein yang terkandung pada kacang-kacangan juga penting dalam memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Nah, salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah kacang edamame. Sebab, protein yang terkandung pada edamame akan membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Alhasil, mengonsumsi kacang edamame saat sahur tentunya dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan nafsu makan saat berpuasa.

3. Telur

Mengonsumsi telur pada saat sahur juga bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini berkat kandungan protein dan lemak pada telur yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, pastikan untuk terlebih dahulu memasak telur hingga matang sebelum mengonsumsinya, ya. Tujuannya tentu saja agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

4. Nasi Merah

Salah satu rekomendasi pilihan menu makanan sahur adalah nasi merah sebagai pengganti dari nasi putih. Hal ini lantaran nasi merah memiliki kalori lebih rendah jika dibandingkan nasi putih. Menariknya lagi, ternyata nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi, atau pasta.

Oleh sebab itu, mengonsumsi nasi merah selama sahur sebagai pengganti nasi putih tentu dapat membuatmu kenyang lebih lama. Sebab, makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dapat membuat proses penyerapan zat gizi akan lebih lambat pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement