Advertisement

4 Cara Meredakan Mata Bengkak Usai Sungkeman Lebaran

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 18 April 2023 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Cara Meredakan Mata Bengkak Usai Sungkeman Lebaran Ilustrasi menangis - Shutterstock/Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Saat Salat Idulfitri telah usai, biasanya ada tradisi maaf-maafan di rumah. Selain bersalaman, keluarga biasanya melakukan sungkeman.

Masing-masing keluarga pun punya cara tersendiri dalam melakukan tradisi ini namun tujuan utama melakukan sungkeman ialah sebagai  bentuk bakti anak kepada orang tua atau menunjukkan rasa hormat kepada orang yang dituakan.

Advertisement

Tak jarang prosesi sungkeman berakhir dengan tangis haru yang berakhir membuat mata menjadi bengkak. Nah, agar tetap tampil slay saat menerima tamu, ini cara meredakan mata bengkak yang bisa kamu lakukan:

1. Kompres mata dengan air dingin

Mata bengkak usai menangis terjadi karena jaringan kulit pada area mata menyerap air mata yang keluar terus menerus sehingga terjadi penumpukan air di area mata. Mengompres mata menggunakan air dingin dapat membantu meningkatkan aliran darah.

Cara ini bisa juga dilakukan dengan mendinginkan sendok di freezer kulkas, saat temperatur sendok berubah menjadi dingin kamu dapat menggunakannya sebagai kompres mata selama 5 hingga 10 menit. Metode yang sama bisa kamu lakukan menggunakan krim mata namun dinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca juga: Tips Cara Berpakaian Modis Saat Rayakan Idulfitri 2023

2. Potongan timun atau kantong teh

Potongan timun mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat menghidrasi kulit sekaligus mengurangi pembengkakan, cara kerjanya pun serupa dengan mengompres mata dengan air dingin. Selain itu timun juga mengandung antioksidan dan vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam.

Sementara kantong teh terdapat kandungan kafein serta tanin alami, dimana tanin dapat menyusutkan jaringan tubuh, sedangkan kafein juga memiliki sifat antioksidan yang kuat serta dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

3. Pijat sekitar area mata yang bengkak

Cara paling sederhana ialah memanfaatkan jari jemarimu untuk memijat area mata dengan lembut dengan tujuan membantu melancarkan aliran darah. Caranya rendam tangan ke dalam air dingin lalu letakkan jari telunjuk di pangkal hidung atau di bawah alis lalu pijat dengan gerakan memutar terutama sepanjang area bawah mata. Cara kedua ialah lakukan dengan mengetuk secara lembut di sepanjang kulit area mata.

4. Perbanyak minum air putih

Menangis juga dapat mengurangi cairan pada tubuh oleh karena dengan memperbanyak minum air putih akan mengembalikan cairan tubuh dan mengurangi mata bengkak akibat menangis. Selain dengan memenuhi asupan air harian dapat mengurangi kemerahan pada sklera (bagian putih) mata, sebab hidrasi pada mata terjaga sehingga tampak bersih serta sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement