Advertisement

4 Tips Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 16 April 2023 - 07:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Tips Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019) - ANTARA/Syifa Yulinnas.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Makan ketupat menjadi salah satu tradisi saat Lebaran, baik di Indonesia maupun Malaysia. Namun tidak jarang usaha memasak berjam-jam berujung nestapa karena ketupat basi padahal baru satu hari.

Demi menjaga agar tidak cepat basi, kamu dapat melakukan lima tips berikut ini:

Advertisement

1. Pilih daun kelapa yang tepat

Pemilihan daun yang tidak tepat ternyata bukan hanya memengaruhi rasa namun juga berdampak pada ketahanan ketupat sehingga tidak cepat basi. Tipsnya pilihlah daun kelapa muda berwarna hijau cerah atau kuning muda kehijauan untuk membuat anyaman ketupat.

Menganyam ketupat pun jadi lebih mudah dibentuk serta membuat tekstur ketupat lebih empuk. Perlu diingat, hindari memilih daun kelapa yang terlalu muda sebab berpotensi membuat ketupat cepat berkeringat, sementara daun kelapa yang tua membuat ketupat tidak matang sempurna.

2. Siram ketupat yang baru matang di air dingin terlebih dahulu

Untuk menghentikan proses memasak akibat masih adanya uap panas yang terperangkap pada ketupat, setelah matang disarankan untuk menyiram ketupat dengan air dingin yang matang. Selain itu cara ini juga dapat membersihkan sisa air rebusan yang kotor atau berlendir pada ketupat.

Baca juga: Mumpung Akhir Pekan, Yuk Masak Ikan Gurami Bareng Anak-anak

3. Angin-anginkan ketupat

Setelah menyiram dengan air dingin yang matang, ketupat masih perlu diangin-anginkan terlebih dahulu hingga kandungan air dalam ketupat berkurang. Caranya dapat diangin-anginkan dengan digantung atau digelar menggunakan tampah. Hal ini untuk menghindari ketupat berlendir sehingga tidak mudah basi.

4. Gantung ketupat dan hindari tempat yang lembap

Menggantung ketupat dapat membuat air tidak terperangkap dalam ketupat dan bergerak turun. Ketupat pun jadi tidak lembap dan lebih tahan lama. Sedangkan jika meletakkan ketupat dalam wadah air akan terperangkap dalam ketupat dan berujung lebih cepat basi namun jika tidak memungkinkan adanya tempat untuk menggantung, pastikan wadah yang dipilih bersih serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

5. Simpan ketupat di kulkas

Cara satu ini mungkin terkesan tidak biasa, sebab siapa pula yang berkenan memakan ketupat dingin berpadu dengan nikmatnya kuah opor atau gulai favoritmu. Namun cara ini nyatanya dapat mempertahankan ketupat jauh lebih lama dibandingkan metode yang lain.

Disarankan sebelum dimasukkan ke kulkas, bungkus ketupat terlebih dahulu dengan plastik agar tidak kering akibat suhu dingin, kemudian saat ingin disantap ketupat dapat dihangatkan kembali dengan cara dikukus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement