Advertisement

Kapan Waktu yang Tepat Mencuci Wajah? Ini Jawaban Ahli

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 13 April 2023 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kapan Waktu yang Tepat Mencuci Wajah? Ini Jawaban Ahli Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mencuci wajah adalah langkah awal dan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Tanpa mencuci wajah terlebih dahulu, skincare atau produk perawatan lainnya tidak akan bekerja secara maksimal, sebab wajah masih penuh dengan debu atau kotoran yang menempel di kulit.

Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, New York City, mengutip dari Everyday Health menyatakan, “Membersihkan kulit Anda dari penumpukan polusi dapat meminimalisir kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh partikel di udara, yang berhubungan dengan penuaan dini."

Advertisement

Sebagian orang mendambakan kulit yang bersih dan licin namun mencuci wajah terlalu sering juga dapat merusak kulit wajah. Lantas kapan waktu yang tepat dan berapa kali kita harus mencuci wajah?

Aturan umum yang diketahui banyak orang mencuci wajah dilakukan dua kali sehari yakni di pagi dan malam hari. Namun hal ini juga tidak bersifat wajib, misalnya jika memiliki kulit berminyak, tidak apa-apa untuk mencuci muka hanya sekali sehari.

Baca juga: Berbincang dengan Hewan Peliharaan, Bisakah?

Lalu bagaimana jika kamu terlalu mager mencuci wajah dua kali sehari? Dan kapan waktu paling tepat untuk mencuci wajah? Jawabannya ialah saat malam hari atau tepatnya sebelum tidur. Zeichner menyampaikan, lebih baik untuk tidak mencuci wajah di pagi hari dibandingkan malam hari karena untuk membersihkan kotoran, minyak, dan partikel bebas yang menumpuk di siang hari.

Selain waktu yang tepat memilih kandungan facial wash juga mesti diperhatikan. Melansir dari Allure, Jason Emer, dokter kulit kosmetik dan ahli bedah estetika di Beverly Hills menjelaskan kulit kering disarankan untuk memilih facial wash atau pembersih dengan tekstur yang lembut dan menghidrasi misal pembersih wajah berbahan dasar susu.

Sedangkan untuk kulit berminyak dianjurkan menggunakan pembersih yang mengandung salicylic or glycolic acid.

Terakhir saat mencuci wajah hindari membilas facial wash atau pembersih dengan air panas. Menurut Dendy Engelman, MD, ahli dermatologi kosmetik bersertifikat dan ahli bedah Mohs dengan Shafer Clinic di New York City air panas akan mengambil kelembapan pada kulit sehingga kulit jadi kering dan lebih mudah iritasi. Zeichner menyarankan untuk membilas menggunakan air biasa atau panas suam-suam kuku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement