Advertisement

Tips Agar Kue Kering Tahan Lama, Tidak Cepat Melempem dan Berjamur

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 05 April 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Agar Kue Kering Tahan Lama, Tidak Cepat Melempem dan Berjamur Kue kering sagu keju. - Frisian Flag

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Saat Lebaran, meja ruang tamu biasanya tersedia beragam kue kering dengan aneka rasa, bentuk, maupun rupa. Ada nastar, kastengel, putri salju, kuping gajah, lidah kucing dan lainnya yang menjadi favorit dan begitu populer bagi warga +62.

Toples kue yang berkali-kali dibuka tutup karena kehadiran tamu yang berbeda-beda membuat kue ‘masuk angin’ sehingga kue jadi lebih cepat melempem bahkan yang terburuk adalah berjamur.

Advertisement

Demi mencegah kue terbuang sia-sia perhatikan tips berikut agar kue kering bertahan lebih lama:

Baca juga: Hindari Sejak Dini, Penyebab Kanker Usus Besar di Usia Muda

1. Tunggu hingga benar-benar dingin baru kemas

Sebagian keluarga memilih untuk membuat kue kering sendiri. Terkadang kue yang belum dingin sudah dimasukkan ke toples padahal ini membuat kue bisa menjadi lebih cepat bau alias tengik.

Sebab kue kering yang keluar dari oven masih terdapat kandungan air yang belum sepenuhnya hilang, membuat kandungan air dan lemak terikat satu sama lain dan kue pun berpotensi lebih cepat tengik. Selain itu kue kering memiliki kelembapan lebih tinggi membuat tekstur renyah yang diidamkan pun tak akan tercapai. Pastikan pula wadah yang akan kamu gunakan benar-benar bersih dan kedap udara.

2. Perhatikan jenis kuenya

Tekstur kue kering kebanyakan terbagi dua jenis yakni kue kering renyah dan kue kering lunak. Ketika jumlah kue sudah mulai menipis atau demi menghemat tempat, kedua jenis kue ini tak jarang ditempatkan pada satu wadah yang sama.

Padahal dengan mencampur dua jenis kue ini akan mempengaruhi tekstur satu sama lain dimana kue kering renyah seperti lidah kucing akan jadi lembab dan juga sebaliknya.

3. Simpan dalam plastik kedap udara dan bekukan

Kue kering yang terlalu sering terpapar udara akan menurunkan kualitas kue dan waktu bertahannya. Oleh karena itu sebaiknya simpan sebagian kue kering dalam plastik kedap udara dan hindari menyajikan seluruh kue dalam toples.

Selain itu dengan membekukan kue kering dapat mempertahankan tekstur renyah dalam jangka waktu lebih lama. Caranya jika kamu akan menyajikan atau mengonsumsinya secara berkala, bungkuslah kue menggunakan plastik kecil lalu lapisi dengan aluminium foil. Saat ingin disajikan diamkan kue kering beku di atas meja terlebih dahulu kemudian tinggal kamu santap.

4. Gunakan kemasan silica gel

Saat membeli kue kering pasti kamu sering melihat kehadiran satu bungkus kemasan kecil yang berisi silica gel. Jika menemukannya biarkan kemasan silica gel dalam toples agar menjaga kerenyahan dari kue kering favoritmu.

Cara ini bisa pula kamu terapkan jika membuat kue sendiri, cukup letakkan satu atau dua kemasan silica gel yang aman untuk makanan di bawah toples dan kue kering dijamin bebas dari berjamur dan tidak cepat melempem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement