Advertisement

Ketahui Masa Kedaluwarsa Make Up Setelah Dibuka

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 05 April 2023 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ketahui Masa Kedaluwarsa Make Up Setelah Dibuka Ilustrasi lipstik - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setiap produk make up yang kamu punya tertera tanggal kedaluwarsa di bagian kemasan produk. Namun kamu jangan santai begitu saja ketika melihat tanggal kedaluwarsanya masih lama, karena jika sudah dibuka masa penggunaannya lebih cepat dari yang kamu duga.

Oleh karenanya demi terhindar dari efek negatif seperti timbul jerawat, iritasi, kulit kemerahan, infeksi, dan permasalahan kulit lainnya ketahuilah masa kedaluwarsa masing-masing produk make up setelah dibuka.

Advertisement

Sebelum itu perhatikan simbol khusus berupa huruf dan angka yang tertera pada kotak pembungkus atau produk yang kamu miliki, yakni “M” berarti month atau bulan dan “Y” berarti year atau tahun.

Misal jika kamu melihat simbol 12 M pada wadah terbuka berarti produk dapat digunakan hingga 12 bulan atau setahun lamanya setelah kemasan dibuka.

Ada pula simbol Hourglass yang berarti produk hanya dapat dipakai selama 30 bulan jika tidak tertera tanggal kedaluwarsa pada kemasan.

Baca juga: Shaggydog Rilis Dagangan Baru, Kini Ada New Boys Cap dan Tumbler

1. Maskara

Salah satu produk favorit yang menonjolkan area mata ini umumnya memiliki masa kedaluwarsa yang cepat yakni berkisar antara 3-6 bulan saja. Maka perhatikan perubahan tekstur dan bau pada maskara sebelum memakai dan segera eksekusi jika tesktur menggumpal dan ada bau tidak sedap.

2. Eyeliner

Tak jauh berbeda dengan maskara masa penggunaan eyeliner berkisar antara 3-6 bulan dan sedikit lebih lama jika kamu menggunakan eyeliner pensil akan tetapi segera ganti eyeliner pensilmu ketika warnanya sulit keluar dan mulai sulit untuk dikerok.

3. Foundation dan Concealer

Foundation dapat bertahan sekitar 12-16 bulan tetapi beda cerita ketika wadah atau tutupnya rusak sebaiknya foundation diganti setelah 6-12 bulan sejak dibuka.

Selain foundation, ada pula concealer yang digunakan untuk menyamarkan jerawat, kantung mata, atau untuk membantu meratakan warna kulit. Jenis concealer dalam bentuk bubuk dan stick dapat bertahan lebih lama hingga dua tahun sedangkan concealer cair harus segera diganti setelah satu tahun.

4. Produk dengan tekstur krim dan bubuk

Produk dengan tekstur krim cenderung lebih disukai oleh bakteri, tidak heran jika lama penggunaannya sekitar 12-18 bulan lamanya setelah dibuka. Saat menggunakan produk bertekstur krim dengan tangan pastikan kebersihan tanganmu agar tidak menimbulkan iritasi dan mengurangi pertumbuhan bakteri pada produk.

Sedangkan produk bubuk seperti bedak bubuk atau padat, blush on, dan eye shadow lebih dapat bertahan lama hingga dua tahun setelah dibuka namun jika produk diletakkan begitu saja di kamar mandi tanpa menjaga kebersihan produk tentunya akan mengundang bakteri sehingga waktu bertahan pun berkurang.

5. Perona Bibir

Terdapat banyak jenis produk perona bibir mulai dari lipstik, lip balm, lip mate, lip gloss, dan lainnya. Perona bibir salah satu jenis produk make up yang dapat bertahan lebih lama dibandingkan produk lain, misalnya lipstik dapat bertahan 12-24 bulan sedangkan lip balm sekitar 12-18 bulan setelah dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertidur 22 Tahun Gunung Ruang Erupsi, Gempa hingga 944 Kali dalam Satu Hari

News
| Kamis, 18 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement