Advertisement

5 Produk Perawatan Kulit yang Mesti Rutin Dipakai Saat Puasa, Menurut Pakar

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 04 April 2023 - 06:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Produk Perawatan Kulit yang Mesti Rutin Dipakai Saat Puasa, Menurut Pakar Pemakaian krim untuk wajah - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dokter spesialis kulit dr Arini Widodo, SpKK menyarankan lima produk perawatan kulit agar rutin dipakai saat menjalankan ibadah puasa untuk membantu menghidrasi kulit.

“Kulit yang dehidrasi selama bulan puasa dan perbedaan aktivitas yang lebih sedentary kadang mengubah kebutuhan skincare. Misal kulit menjadi lebih kering," kata dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengutip dari Antara.

Advertisement

Arini menambahkan, maka saat berpuasa perlu mencocokkan skincare dengan rutinitas yang berbeda selama bulan puasa untuk meningkatkan hidrasi kulit dan berikut ialah lima jenis produk tersebut:

1. Pelembap bibir

Biasanya, selama berpuasa akan mengakibatkan permukaan bibir menjadi mengelupas dan kering. Oleh karenanya penting untuk memerhatikan kelembapan bibir caranya dengan penggunaan pelembap bibir atau lip balm.

2. Pelembap

Pelembap wajah atau moisturizer juga wajib digunakan secara rutin untuk menjaga kelembaban kulit. Namun jangan lupa untuk menggunakan pelembab sesuai jenis kulit masing-masing.

3. Tabir surya

Sunscreen atau tabir surya akan melindungi kulit dari bahaya sinar UV oleh paparan sinar matahari. Terlebih saat berpuasa, kulit akan lebih cepat dehidrasi saat terlalu lama terpapar terik matahari.

4. Krim mata

Ketika bulan suci Ramadhan, krim mata atau eye cream termasuk salah satu produk kecantikan yang perlu digunakan. Hal ini bertujuan agar kulit area mata pun tetap terjaga kelembapannya.

5. Pembersih wajah

Rajin menggunakan pembersih wajah, cleanser, juga perlu untuk dilakukan. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing dan perlu dicatat jangan terlalu sering pula mencuci muka.

“Cuci muka dua sampai tiga kali sehari saja. Karena ada beberapa tipe kulit. Semakin sering cuci muka sebenarnya semakin membuat kulit jadi kering. Bukan kalau kena air malah jadi terhidrasi. Itu nggak. Justru semakin kering apalagi menggunakan sabun pencuci wajah,” kata dr. Dara Ayuningtyas Vice President Medical & Training ZAP .

“Karena kadang dari komposisi sabun itu ada yang membuat kulit jadi kering. Makanya sarannya dua sampai tiga kali saja paling banyak,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement