Advertisement

Jadi Lebih Sehat, Lakukan 4 Cara Ini untuk Detox Kulit Wajah

Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 01 April 2023 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jadi Lebih Sehat, Lakukan 4 Cara Ini untuk Detox Kulit Wajah Pemakaian krim untuk wajah - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tubuh manusia punya sejumlah cara untuk menetralkan racun di antaranya dengan bantuan hati, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh. Di antara semua itu, kulit tidak termasuk organ tubuh yang dapat mengeluarkan racun.

Mengutip dari Health Line, istilah detox kulit dalam dunia medis sebenarnya tidak ada. Namun Dr. Ross Perry, direktur medis CosmedicsUK mengatakan, “Ketika orang berbicara tentang 'detoksifikasi kulit', ini lebih tentang apa yang dapat Anda lakukan ke permukaan untuk melindungi kulit Anda dari lingkungan luar daripada membersihkan apa yang ada di dalamnya.”.

Advertisement

Dua cara termudah dalam mendetox kulit ialah perbanyak minum air putih guna menghidrasi tubuh termasuk kulit dan membersihkan wajah minimal dua kali sehari untuk menghempas kotoran dan debu penyebab penyumbatan pori-pori di wajah.

Namun dua cara itu belum cukup maksimal untuk detox kulit wajah agar lebih sehat, simak cara berikut untuk detox kulit wajahmu:

1. Eksfoliasi kulit secara rutin

Eksfoliasi ialah proses mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan wajah, sebenarnya kulit secara alami melakukan proses ini dalam rentang waktu 28 hari sekali namun karena adanya debu, kotoran, dan minyak di wajah memicu terlambatnya eksfoliasi terjadi.

Baca juga: Waspada! Sejumlah Penyakit Ini Rentan Muncul Selama Puasa

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara yakni secara fisik atau menggunakan bahan kimia. Cara fisik menggunakan lulur, spons atau sikat tidak dianjurkan oleh pemilik kulit sensitif, sedangkan bahan kimia bisa mengandalkan produk dengan kandungan AHA, BHA, atau PHA.

2. Jangan lupa gunakan pelembab

Kelembapan pada kulit dari dalam dengan mengandalkan asupan air belumlah cukup. Kulit mesti dihidrasi dari luar dengan penggunaan skincare yang mengandung bahan melembapkan salah satunya seperti hyaluronic acid.

Kulit yang lembap tak hanya membantu mengurangi kekeringan namun dapat pula mengurangi tampilan garis dan kerutan di wajah.

3. Tidur yang cukup

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 24 perempuan dengan mengamati waktu tidur dengan kulit menemukan bahwa hanya dalam dua malam berturut-turut dengan jam tidur yang kurang langsung tampak perubahan, yakni mengurangi kecerahan dan kelembapan kulit.

Oleh karenanya, demi kulit yang sehat dan selalu tampak glowing penuhi waktu tidurmu yakni 7-8 jam perhari.

4. Jaga Kesehatan ususmu

Diet atau menjaga pola makan menjadi hal yang penting dalam mendetox kulit. Mudah sebenarnya tinggal kurangi mengonsumsi cokelat, makanan ais, dan berlemak namun nyatanya cukup sulit bagi sebagian orang.

Selain itu hindari pula mengonsumsi alkohol yang dapat menghambat produksi enzim pencernaan sehingga mempersulit tubuh untuk memecah, mencerna, dan menyerap nutrisi dari makanan Anda.

Dengan menjaga asupan nutrisimu, organ pencernaan utamanya kesehatan usus akan beriringan dengan kesehatan kulit. Sebab jika usus yang terganggu dapat membuat bakteri usus serta hasil metabolismenya dapat masuk ke dalam peredaran darah kemudian menumpuk di kulit berujung mengganggu microbioma kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement