Advertisement

Ketahui 4 Manfaat Puasa terhadap Kesehatan Kulit

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 31 Maret 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ketahui 4 Manfaat Puasa terhadap Kesehatan Kulit Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Merasa kulit wajah tampak lebih cerah dan glowing? Ternyata hal tersebut berkat salah satu manfaat puasa yakni detoksifikasi. Berkat detoksifikasi inilah kesehatan kulit selama puasa pun turut meningkat.

Namun dengan catatan kamu tetap harus mengatur pola makanan selama sahur dan berbuka, demi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tiap harinya. Jika nutrisi telah terpenuhi dengan baik kamu akan melihat manfaat puasa terhadap kesehatan kulit seperti rangkuman berikut:

Advertisement

1. Detoksifikasi kulit

Berkurangnya asupan kalori saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh serta meningkatkan kadar antioksidan. Dengan demikian kulit pun terlindungi dari radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Selain itu detoksifikasi turut membantu meredakan kondisi kulit seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.

Baca juga: Unik! Radio Ini Menangkan Kompetisi Sebagai Radio Paling Kotor di Inggris

2. Mengurangi jerawat dan peradangan

Meningkatnya kadar antioksidan saat puasa juga membantu mengurangi peradangan pada kulit serta meningkatnya regeneratif sel. Selain itu insulin yang rendah akibat kurangnya kadar gula darah pada tubuh mengurangi produksi sebum sampai 40 persen, zat minyak yang menyumbat pori-pori sekaligus penyebab jerawat.

3. Mengurangi penuaan kulit

Masih seputar meningkatnya kadar antioksidan juga dapat mengurangi penuaan kulit. Kadar gula yang didapat dari mengonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan berkurangnya kolagen dari proses glikasi di tubuh, saat berpuasa kadar gula yang jauh lebih rendah meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga struktur kulit dengan mempertahankan kekenyalan kulit dan mencegah penuaan.

4. Mengurangi stres kulit

Tubuh yang sibuk mencerna kalori setiap hari memicu terjadinya stress oksidatif, yakni sebuah kondisi saat jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya sehingga menimbulkan kerusakan lebih banyak termasuk pada kulit.

Saat puasa tubuh mengambil stamina dari simpanan energi pada tubuh, membuat tubuh jadi lebih tenang karena tidak sibuk mencerna kalori setiap saat, dampaknya stress pada kulit pun berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi tahan Pengunjuk Rasa Pro palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement