Advertisement

Bisa Bikin Umur Lebih Panjang hingga 20%, begini Penjelasan Diet Harvard

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 26 Maret 2023 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Bisa Bikin Umur Lebih Panjang hingga 20%, begini Penjelasan Diet Harvard Ilustrasi diet puasa atau intermitten fasting - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Diet Harvard menjadi suatu rencana yang cukup mendapatkan perhatian. Sebuah studi menemukan bahwa empat pola makan yang spesifik bermanfaat bagi diet kesehatan dalam beberapa yang dapat membuat hidup lebih lama.

Diet Mediterania Alternatif menjadi salah satu diet untuk orang Amerika (MyPlate) dengan diet berbasis tumbuhan yang sehat dan alternatif makanan sehat. Dalam penelitian disebutkan bahwa orang yang mengikuti diet ini 20% lebih kecil untuk meninggal dunia selama 36 tahun dan memiliki risiko terkena penyakit lebih rendah seperti kanker, penyakit pernafasan, dan penyakit kardiovaskular.

Advertisement

Dilansir melalui healthline, Direktur Program Didaktik dalam Nutrisi & Diet di Universitas Nevada Las Vegas, Samantha Coogan mengatakan bahwa Harvard Diet atau Healthy Eating Plate, hampir identik dengan MyPlate yang dikembangkan oleh USDA pada Juni 2011 namun memiliki beberapa perbedaan penting.

“Kedua konsep tersebut merekomendasikan setengah porsi piring/makanan Anda harus terdiri dari buah/sayuran, seperempat dari biji-bijian utuh, dan seperempat dari protein. Simbolnya hampir identik," kata Coogan.

Perbedaan utama lainnya antara keduanya adalah rekomendasi lemak dan susu. MyPlate merekomendasikan satu porsi susu setiap kali makan, tetapi Harvard Diet menyarankan mengganti susu dengan air, kopi, atau teh.

“Para peneliti di Harvard sampai pada kesimpulan ini karena prevalensi intoleransi laktosa yang lebih tinggi dI AS” ujar Samantha Coogan. “Selain itu, mereka menganjurkan menghindari minuman manis secara umum dan membatasi susu hingga 1-2 porsi per hari”

Perbedaan penting lainnya antara rencana tersebut menurut Coogan, adalah bahwa Harvard Diet menyarankan lemak sehat dalam jumlah minyak nabati seperti minyak zaitun, kanola kedelai, kacang tanah, jagung, dan bunga matahari dan menghindari lemak trans.

Menurut Antonette Hardie yang merupakan ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan bahwa banyak manfaat yang terkait dengan Diet Harvard
“Beberapa manfaat antara lain menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi dan hipertensi. Penurunan berat badan juga bisa menjadi menjadi manfaat dari diet ini” kata Antonette Hardie.

Dia mengatakan bahwa manfaat ini terjadi karena cara makan ini rendah, makanan olahan dan lemak jenuh, kedua nya dikaitkan dengan peningkatkan risiko penyakit dalam kondisi ini.

Metode MyPlate yang dikombinasikan dengan diet Mediterania ini untuk menciptakan kebiasaan makan sehat yang dapat dipertahankan oleh orang-orang. Diet Harvard ini menggunakan metode MyPlate yang dikombinasikan dengan diet Mediterania untuk menciptakan kebiasaan makan yang sehat.

Seorang ahli diet di The Plant Powered Dietitian, Sharon Palmer mencatat bahwa cara makan ini juga dipenuhi dengan karbohidrat sehat, serat, vitamin, mineral, lemak sehat dan fitokimia selain lebih rendah kolesterol, lemak jenuh dan natrium.
“Saya penggemar rencana diet ini, karena ini masuk akal pada penelitian yang telah dilakukan selama beberapa dekade terakhir dan mudah diikuti” ujarnya.

Beberapa para ahli setuju dengan metode Diet Harvard ini karena diet ini mempunyai kualitas yang melebihi kuantitasnya dalam hal karbohidrat serta tidak menjelekan produk susu namun menggantinya dengan menawarkan asupan yang lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemilik Maktour Travel Diperiksa KPK, Terkait Pencucian Uang Kasus SYL

News
| Senin, 27 Mei 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement