Advertisement

Wow, Mobil Kustom Ini Bermesin Pesawat Perang Dunia 2

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 22 Maret 2023 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wow, Mobil Kustom Ini Bermesin Pesawat Perang Dunia 2 The Beast - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—The Beast adalah mobil legendaris tahun 1970-an yang ditenagai oleh mesin pesawat Rolls-Royce Merlin V12. Mesin ini dapat menghasilkan lebih dari 750hp dan memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 2,35 mpg.

Dilansir dari Oddity Central, kisah The Beast berawal pada 1966, ketika insinyur Inggris Paul Jameson memutuskan untuk mencari tahu apa yang akan terjadi jika seseorang memasang mesin tank di mobil kustom.

Advertisement

Jameson membuat sasis bergulir khusus untuk mobil tersebut dan memasangnya dengan mesin tank Meteor Rolls-Royce, sebelum beralih ke ahli transmisi John Dodd untuk menugaskan transmisi otomatis untuk mobil unik tersebut.

Dodd menjadi tertarik dengan ide aneh Jameson sehingga ketika pencipta aslinya menunda proyek untuk sementara waktu, dia akhirnya membeli darinya dan menyelesaikannya sendiri. Proyek itu adalah kerja keras dengan penuh cinta, yang akhirnya dikenal sebagai salah satu proyek otomotif paling mengesankan dalam sejarah Inggris.

Baca juga: Tarik Minat Wisata Sungai, Warga Bantaran Winongo Gelar Festival Budaya

Setelah menyelesaikan transmisi untuk mobil dan memesan bodi fiberglass khusus dengan kap dari sisa-sisa kendaraan untuk menampung mesin raksasa, John Dodd menyelesaikan The Beast pada tahun 1972. Penampilan unik dan spesifikasi teknis mobil menarik perhatian pengendara yang lewat.

Mobil itu tampil di acara televisi di seluruh Eropa. Namun, pada tahun 1974, ketika kembali dari perjalanan ke Swedia, bencana melanda. Kendaraan terbakar saat diangkut dari pameran mobil. Kerusakkannya sangat parah sehingga Dodd tidak punya pilihan selain membangun kembali semuanya dari awal.

Ia memasangkan mesin pesawat Rolls-Royce Merlin V12 yang telah menggerakkan pesawat tempur Spitfire dan Hurricane selama Perang Dunia II untuk Inggris.

Dodd menugaskan badan fiberglass besar dari sebuah perusahaan bernama Fibre Glass Repairs, yang juga telah membangun mobil  pertama, dan membuat panggangan khusus untuk The Beast. Mobil keduanya ini dinobatkan sebagai mobil paling bertenaga di dunia oleh Guinness Records pada tahun 1977, dan dikabarkan mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 260 mph (418 kph). Performa pastinya masih belum diketahui.

John Dodd melarikan diri dari Inggris dan menetap di Spanyol setelah Rolls Royce memenangkan gugatan terhadapnya karena menggambarkan The Beast sebagai Rolls Royce, dan dia membawa mobil kesayangannya itu bersamanya.

Dia tidak pernah menjualnya, tetapi Dodd meninggal pada akhir tahun lalu, dan keluarganya telah memutuskan untuk melelang The Beast. Jarak odometernya lebih dari 10.000 mil (16.093 km) dan dalam kondisi kerja yang sempurna. Lelang The Beast berakhir dengan harga £72.500 ($87.800).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement