Advertisement

Ketahui Kondisi Kesehatanmu dari Warna Urine!

Elsa Hayati Sukma
Minggu, 19 Maret 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Ketahui Kondisi Kesehatanmu dari Warna Urine! Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Urine merupakan cairan yang dikeluarkan untuk membuang racun dalam tubuh. Warna urine menjadi salah satu faktor utama untuk mengetahui kesehatan tubuh.

Urine memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai sarana menghilangkan limbah dan kelebihan air yang tidak dibutuhkan tubuh. Kandungan dalam urine dapat membuat warna urine berubah-ubah dari mulai jernih hingga keruh dalam lain waktu.

Advertisement

Warna urine sangat penting untuk mendeteksi apakah tubuh sehat atau tidak, Hal ini kamu dapat melihat melalui warna urine yang dikeluarkan.

Dilansir melalui TIMES berikut warna urine yang dapat Anda ketahui:

1. Kuning Pucat

Urine berwarna kuning pucat ini dihasilkan karena pigmen urobilin yang diproduksi oleh tubuh. Warna ini bergantung kepada berapa banyak air yang dikonsumsi, warna kuning yang khas dimulai dari warna kuning pucat hingga kuning tua.

Ginjal mengambil lebih banyak urine saat mengalami dehidrasi seperti setelah berolahraga. Hal tersebut mengembalikannya ke tubuh untuk menjaga keseimbangan air dan mengakibatkan pigmen alami urin menjadi terkonsentrasi, memberikan warna kuning dan gelap.

2. Tidak Berwarna

Urine tidak berwarna ini hasil dari mengkonsumsi air lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh. Ginjal akan mengeluarkan kelebihan air dalam bentuk urine tidak berwarna. Hal tersebut urine seringkali tidak berwarna yang artinya tubuh cukup terhidrasi

3. Kuning Tua

Urine berwarna kuning gelap seringkali disebabkan oleh penyakit kuning. Selain itu warna urine kuning tua atau oranye ini dapat disebabkan mengonsumsi vitamin B kompleks, Sulphasalazine (digunakan untuk mengobati kolitis ulserativa) atau phenazopyridine (digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan akibat infeksi saluran kemih).

4. Kemerahan

Warna urine merah ini disebabkan dengan adanya pendarahan di saluran kemih. Penyakit yang menyebabkan urine berwarna merah adalah adalah batu ginjal, kanker, atau infeksi. Dalam kasus gangguan glomerulus primer yang dikenal sebagai glomerulonefritis yang memungkinkan urin juga berwarna merah.

Jika urine berwarna merah segera untuk periksa ke dokter untuk mengetahui tentang adanya penyakit atau tidak dalam tubuh.

5. Cokelat Pekat

Urine berwarna coklat pekat dan keruh yang berlangsung lama menyebabkan adanya penyakit di dalam tubuh anda. Urine cokelat pekat ini ditandai dengan adanya penyakit pinggang yang terasa nyeri, urine yang keluar sedikit bisa merupakan adanya gangguan di organ ginjal, nyeri pada perut kanan atas merupakan jaringan gangguan hati. Untuk itu segera periksa dan pergi ke dokter untuk mengetahui masalah kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tahan Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement