Advertisement

Mumpung Libur, Yuk Potong Kuku! Begini Cara Potong yang Benar

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 05 Maret 2023 - 07:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mumpung Libur, Yuk Potong Kuku! Begini Cara Potong yang Benar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kuku merupakan bagian tubuh yang perlu mendapat perawatan rutin. Secara berkala, kuku yang sudah mulai tumbuh panjang harus dipotong. 

Dilansir dari ners.unaird.ac.id cara merawat kebersihan kuku menurut (Jamilatun et al., 2020), yaitu pertama potong kuku secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas ujung kuku dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku.

Advertisement

Kedua jangan mencongkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi. Ketiga bersihkan kuku setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.

Keempat pilih gunting kuku sesuai kebutuhan. Kelima potong kuku dengan arah lurus. Dan yang terakhir setelah selesai memotong kuku, kikir ujung kuku agar tidak tajam dan bersihkan gunting kuku.

Cara memotong kuku menurut Alodokter kurang lebih juga sama. Di antaranya: 

1. Gunakan alat yang tepat

Gunakan gunting yang dikhususkan untuk kuku jari. Umumnya, gunting kuku jari tangan lebih kecil dibandingkan yang ditujukan untuk jari kaki. Pastikan gunting kuku yang digunakan sudah dipastikan kebersihannya, tajam, dan tidak berkarat. Gunting kuku yang tumpul akan lebih sulit digunakan dan membuat hasil potongan kuku menjadi tidak rapi.

2. Persiapkan kuku

Memotong kuku lebih mudah jika dilakukan saat sedang lunak. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kuku lebih lunak adalah dengan merendam jari dengan air hangat selama beberapa menit. Cara lainnya adalah dengan memotong kuku setelah mandi.

3. Potong kuku dengan tepat

Kuku jari tangan bisa dipotong mengikuti arah lekukan kuku dan sampai di atas batas garis menempelnya kulit dengan kuku. Lakukanlah dengan hati-hati agar tidak melukai kulit. Jangan memotong kuku terlalu dalam, apalagi sampai melebihi batas garis kuku.

Sementara itu, kuku kaki sebaiknya dipotong lurus, sehingga potongan ujung kuku kaki akan terlihat seperti persegi, bukan oval. Hindari memotong kuku kaki mengikuti lengkungan kuku untuk mencegah ujung kuku menekan atau menancap ke dalam kulit.

Tidak perlu memotong kutikula kuku. Bakteri dan kuman akan lebih mudah masuk dan menginfeksi kuku jika kamu memangkas kutikula.

4. Haluskan tepian kuku

Terkadang ada sisa potongan kuku yang tidak rata atau kasar setelah memotong kuku. Kalau dibiarkan, bisa saja kulit terluka ketika sedang menggaruk. Nah, agar tepian kuku menjadi lebih halus, kamu bisa mengikirnya dengan alat kikir kuku. Kikirlah kuku dengan satu arah dari bagian pinggir ke arah tengah kuku.

Setelah memotong kuku dan mengikirnya, gunakan pelembap di seluruh jari tangan dan kaki. Penggunaan pelembap akan membuat kuku tetap lembut, sehingga mencegah kuku rapuh dan patah. Kamu juga bisa memakai vitamin kuku agar kuku lebih sehat dan nampak indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kritis UKT saat Rakernas PDIP, Megawati: Masa Mau Pinter Disuruh Bayar Mahal?

News
| Minggu, 26 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement