Advertisement

Begini Penanganan Tepat untuk Luka Bakar Ringan hingga Berat

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 05 Maret 2023 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Penanganan Tepat untuk Luka Bakar Ringan hingga Berat Ilustrasi tiga tingkatan derajat luka bakar. - Cleveland Clinic\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pada Jumat (3/3/2023) malam yang lalu telah terjadi kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. Insiden yang menewaskan 17 orang itu juga menyisakan banyak korban yang mengalami luka bakar. Setiap luka bakar sendiri memiliki derajat yang berbeda-beda dan perlu penanganan yang berbeda pula.

Derajat luka bakar terbagi atas tiga tingkat dimana tingkat pertama (dangkal) merusak lapisan kulit luar dapat pula disebabkan oleh paparan sinar matahari dengan ciri-ciri kulit tampak merah, kering, dan terasa sakit.

Advertisement

Tingkat kedua (ketebalan parsial) merusak lapisan kulit yang lebih dalam yakni dermis, cirinya ialah kulit tampak merah, lecet, melepuh, bengkak, dan menimbulkan nyeri hebat. Sedangkan derajat luka bakar tingkat 3 (ketebalan penuh), telah merusak jaringan lebih dalam hingga ke saraf, otot, atau tulang. Kulit tampak putih atau hangus, kasar, dan mati rasa.

Baca juga: Pengungsi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Sangat Butuh Popok Lansia

Berikut ialah cara menangani luka bakar secara tepat mulai dari derajat luka bakar ringan hingga berat dirangkum dari berbagai sumber:

Luka bakar tingkat 1
- Alirkan air atau kompres luka dengan handuk yang sudah dibasahi air dan diamkan selama 10-15 menit atau hingga rasa sakit mereda.
- Jangan mengoleskan pasta gigi, salep atau mentega karena menahan panas dan akan menimbulkan iritasi atau infeksi, sebaiknya oleskan petroleum jelly dua hingga tiga kali sehari.
- Tutupi luka bakar dengan perban bersih atau kasa anti lengket, jika ada lepuhan jangan dipecahkan dan biarkan sembuh dengan sendiri.
- Lindungi area luka dari sinar matahari dan gunakan lotion setelah luka membaik.
- Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen jika dibutuhkan.

Luka bakar tingkat 2
Penanganan luka bakar tingkat dua tak jauh berbeda dengan tingkat 1 dan bisa dilakukan sendiri jika diameter luka bakar tidak lebih dari 7,5 cm
- Gunakan air untuk membasuh luka bakar dengan lembut. Usahakan agar area luka bakar dialiri air setidaknya selama lima menit hingga 30 menit.
- Keringkan luka bakar dengan lembut menggunakan handuk bersih.
- Tutupi luka bakar dengan perban bersih atau kasa anti lengket.
- Lepaskan semua pakaian atau perhiasan di dekat luka bakar, kecuali menempel di luka bakar.
- Hindari menyentuh luka bakar atau mengenakan pakaian serta perhiasan pada kulit yang dapat menyebabkan gesekan pada luka.
- Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.
- Ganti perban setidaknya sekali sehari.

Luka bakar tingkat 3
Tak seperti luka bakar tingkat satu dan dua, luka bakar tingkat tiga perlu penanganan khusus di rumah sakit karena telah merusak jaringan yang lebih dalam. Pasien luka bakar ini akan diinfus untuk menggantikan cairan yang hilang karena kulit terbakar, serta suntikan antibiotik untuk mencegah infeksi. Luka bakar tingkat 3 juga memungkin seseorang memerlukan pencangkokan kulit, tindakan operasi, fisioterapi, rehabilitasi, atau bahkan perawatan seumur hidup.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika mengalami atau menemukan seseorang dengan luka bakar tingkat tiga antara lain jangan kompres dengan es atau air es, lepaskan semua pakaian atau perhiasan di dekat luka bakar, jangan menarik atau mengeluarkan apapun yang menempel pada luka bakar.

Kemudian tutupi area yang terbakar dengan kain bersih dan tidak mudah lengket atau kasa antilengket secara longgar, dan jika luka bakar ada di lengan atau kaki, naikkan lebih tinggi dari jantung jika memungkinkan untuk mengurangi pembengkakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

News
| Senin, 27 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement