Advertisement

Harian Jogja

Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda Afrika

Arlina Laras
Rabu, 01 Maret 2023 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda Afrika Ivan Gunawan - instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Desainer kondang Tanah Air Ivan Gunawan dikabarkan membangun sebuah masjid di Afrika.

Tempat ibadah bernama Masjid Indonesia by Ivan Gunawan idi Uganda itu, sudah selesai dibangun dan bisa digunakan oleh warga di sana untuk beribadah.

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

Hal tersebut diketahui dari unggahan TikTok teman Ivan yang berada di Uganda, Hamza Yazid Attamimi yang menceritakan bahwa masjid tersebut telah diresmikan sekaligus diserahkan langsung pada masyarakat Uganda pada 1 Februari 2023 lalu. 

“Saat peresmian ini Kak Igun juga kasih dua sapi. Kak Igun juga kasih gaji kepada imamnya,” jelas Hamza. 

Tentu, pembangunan masjid ini disambut antusias oleh para warga Uganda. Pasalnya, masjid tersebut memang menjadi masjid pertama di jalur kota Hoima menuju Ibu Kota Kampala. 

“Selain dari ranting, banyak juga masjid yang terbuat dari tanah liat di sana. Biasanya masjid yang udah kena panas udah kena hujan, pasti hancur setelah lima bulan,” ungkap Hamza. 

BACA JUGA: Jungkook BTS Ungkap Alasan Hapus Akun Instagramnya

Disebutkan bahwa masjid yang dibangun Ivan tersebut mampu menampung hingga 400 jamaah. Bangunan terbilang cukup besar, dibanding tempat ibadah di Uganda yang hanya bisa menampung sampai 200 jamaah.

Pada kesempatan yang berbeda, Ivan Gunawan pun menceritakan bahwa dirinya memutuskan untuk membantu salah satu negara itu berkat sebuah postingan Instagram.

“Waktu itu gue punya nazar untuk bangun masjid, tapi saat itu di Indonesia belum nemu titiknya. Kebetulan, ada satu postingan dari Golden Future Indonesia, dia bilang Afrika kesusahan air bersih, terus gue kirim pesan, berapa bikin sumur di sana terus gue transfer,” jelasnya dilansir dari Eko Patrio TV, Rabu (1/3/2023). 

Golden Future Indonesia sendiri merupakan lembaga penghimpunan  dana kedermawanan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan sosial dan kemanusiaan.

Ivan pun mengungkapkan alasan memilih membangun masjid di Uganda pun karena ada postingan yang memperlihatkan kondisi warga di Uganda yang sangat memprihatinkan.

“Terus, ada postingan lagi yang memperlihatkan warga Uganda itu solat di bawah ranting, nggak ada sajadah. Langsung aja gue tanya berapa estimasi biayanya dan hari itu juga gue langsung kirim,” tuturnya. 

Terkait rancangan desain, dirinya pun menggandeng Susan Emir, salah satu desainer yang pernah dia percaya untuk mendekor rumah sang artis tersebut. 

“Aku mau kenalin @susanemir dari @rumahsabine. Wanita gesit di balik indahnya istanaku. Kerjaannya amanah banget, btw Kak Susan juga yang mendesain Masjid Indonesia di Uganda,” tulis Ivan Gunawan dalam akun pribadinya. 

Sang perancang busana Indonesia ternama ini pun mengatakan, nuansa putih yang diterapkan pada masjid tersebut merupakan salah satu keinginannya. 

Bahkan bisa dibilang, ini menjadi masjid satu-satunya masjid berwarna putih, mengingat kebanyakan majid di Uganda berwarna-warni.

“Di sana tuh ternyata masjid-masjidnya warnanya orange, pink, colorful banget. Sementara aku maunya masjid itu putih,” ungkap Ivan.  

Saat ditanya Eko soal rencana kedepannya, Ivan pun mengungkapkan bahwa dia memiliki niat untuk melihat langsung kondisi masjid itu pada Ramadan nanti sembari merayakan Idulfitri di Uganda, Afrika Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bacaan Niat Puasa Ramadan Dalam Versi Arab dan Latin

News
| Rabu, 22 Maret 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Pesta Daging Iftar Ramadan di Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta

Wisata
| Senin, 20 Maret 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement