Advertisement

Jadi Pengganti PeduliLindungi, Ini Fitur Diari Kesehatan di Satu Sehat Mobile

Rahmi Yati
Rabu, 01 Maret 2023 - 14:47 WIB
Jumali
Jadi Pengganti PeduliLindungi, Ini Fitur Diari Kesehatan di Satu Sehat Mobile Satu Sehat - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPeduliLindungi telah resmi bertransformasi jadi aplikasi kesehatan masyarakat Satu Sehat Mobile. Nantinya, akan ada fitur baru bernama Diari Kesehatan dalam platform tersebut.

BACA JUGA: Mulai 28 Februari PeduliLindungi Hilang Digantikan Satu Sehat Mobile

Advertisement

Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji mengatakan PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai Satu Sehat Mobile mulai hari ini, 1 Maret 2023.

Dia menyebut, selain fitur-fitur yang ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi Covid-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama Diari Kesehatan yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

"Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut," kata Setiaji dikutip dari laman resmi Kemenkes, Rabu (1/3/2023).

Di antaranya, pengukuran tubuh meliputi tinggi dan berat badan, kemudian tekanan darah, gula darah dan detak jantung. Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Dengan adanya fitur Diari Kesehatan tersebut, sambung dia, Satu Sehat Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut dapat diakses hanya dalam genggaman.

"Dalam rencana pengembangannya, Satu Sehat Mobile secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya yang datanya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik [RME] melalui Satu Sehat Platform," ucap Setiaji.

Lebih lanjut dia memerinci, fitur penunjang yang dimaksud mulai dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat yang nantinya akan dapat diakses dan terintegrasi melalui Satu Sehat Mobile.


Dia berharap portal ini dapat jadi panduan bagi swasta maupun pengembang IT Dinas Kesehatan di kabupaten dan kota dalam menerapkan standar yang sama untuk dapat melakukan interoperabilitas data dengan Satu Sehat Platform.

Adapun berdasarkan pantauan Bisnis, pada hari pertama pergantian aplikasi PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile, memang belum tampak adanya rangkaian fitur baru di aplikasi tersebut.

Pada halaman depan atau beranda aplikasi Satu Sehat Mobile, fitur yang ada baru sebatas resume medis, vaksin da imunisasi, hasil tes Covid-19, cari rawat inap, dan pelayanan kesehatan. Sedangkan untuk fitur lainnya belum tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement