Advertisement

Anak Susah Minum Air Putih? Tenang, Ini 6 Tips yang Bisa Dilakukan

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 28 Februari 2023 - 08:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anak Susah Minum Air Putih? Tenang, Ini 6 Tips yang Bisa Dilakukan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anak kecil terkadang susah untuk minum air putih. Mereka berasalan air putih tidak enak karena tidak memiliki rasa coklat, stroberi dan seperti minuman lainnya.

Padahal air putih justru memberikan manfaat yang baik untuk tubuh sampai kita disarankan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari.

Advertisement

Jika anak kekurangan cairan, anak bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti mulut kering hingga kesemutan. Bahkan jika kekurangan cairan hingga 10 persen, bisa mengalami penurunan kesadaran dan berisiko kehilangan nyawa.

Untuk itu orang tua perlu memotivasi anak agar mau rutin minum air putih. Mengutip dari klikdokter, berikut beberapa cara mengatasi anak susah minum air putih:

Baca juga: Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Protein, Termasuk Cepat Lapar

1. Bawakan Bekal

Cara agar anak minum air putih yang pertama adalah membekali mereka dengan sebotol air putih ke mana pun pergi. Tidak masalah bila si kecil lebih suka air putih dengan suhu tertentu.

Selama tidak ada gangguan kesehatan yang terjadi padanya, air putih hangat maupun dingin tetap dapat dikonsumsi sebagai asupan cairan sehari-hari.

2. Ajak Anak Memilih Tempat Minum

Anak biasanya akan senang jika diberi kesempatan untuk menentukan barang miliknya sendiri. Harapannya dengan memilih sendiri botol minum yang disukai, anak lebih termotivasi untuk membawanya ke mana-mana dan terus minum air putih dari botol tersebut.

Cara agar anak minum air putih ini tak hanya berlaku untuk botol minum, tapi juga dalam pemilihan gelas di rumah. Saat akan minum biarkan anak memilih gelasnya sendiri agar ia lebih bersemangat untuk minum

3. Biasakan Minum Setelah Makan

Segelas air putih setiap selesai makan bisa dijadikan andalan untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak setiap hari. Jika dijadikan kebiasaan, mereka dapat membawa kebiasaan ini bahkan hingga ia dewasa nanti.

4. Tawarkan Minum Sesering Mungkin

Tidak dimungkiri, si kecil cenderung malas minum ketika sedang asyik bermain. Padahal, di saat inilah ia paling membutuhkan air putih untuk menggantikan jumlah cairan yang keluar melalui keringat.

Nah, di sinilah peran orang tua atau pengasuh dibutuhkan. Anda wajib menawarkan air putih sesering mungkin di sela-sela waktu bermainnya. Hal itu bisa membantunya mencegah dehidrasi.

5. Variasikan dengan Infused Water

Saat piknik atau beraktivitas di luar rumah, atau saat hari sedang panas-panasnya, Anda bisa mengajak anak membuat infused water dengan buah-buahan segar.

Namun, perlu dicatat bahwa penambahan gula tambahan harus dihindari agar rutinitas minum air putih tidak malah berbahaya untuk kesehatan.

6. Berikan Contoh Sehat

Cara mengatasi anak susah minum air putih tentunya dimulai dari contoh yang diberikan orangtua. Ya, anak paling suka meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya.

Bila ingin si kecil minum air putih lebih banyak, orangtua harus terlebih dahulu memberikan contoh tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement