Advertisement

Ini Fobia Paling Aneh di Dunia, dari Takut Pakaian hingga Takut Rambut

Arlina Laras
Kamis, 23 Februari 2023 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini Fobia Paling Aneh di Dunia, dari Takut Pakaian hingga Takut Rambut Ilustrasi fobia

Advertisement

Harianjgoja.com, JAKARTA— Ketakutan terhadap sejumlah objek, seperti serangga, ketinggian atau bahkan kegelapan tentu menjadi suatu yang wajar.

Namun, ternyata beberapa orang memiliki fobia yang tidak biasa, padahal itu adalah sesuatu yang umum dan bahkan disukai banyak orang, seperti balon atau pisang. 

Advertisement

Menurut John Hopkins Medicine, orang dengan fobia berusaha keras untuk menghindari sumber ketakutan mereka hingga mengalami serangan panik ketika mereka dipaksa menghadapi objek teror mereka.

Berikut 10 fobia yang aneh tapi benar-benar ada.

1. Trypophobia: takut terhadap pola lubang yang berulang

Trypophobia adalah ketakutan atau penolakan terhadap pola lubang yang berulang, Menurut jurnal Frontiers in Psychiatry, orang dengan kondisi ini mungkin merasakan rasa takut terhadap benda-benda seperti bubble warp, sarang lebah, dan biji polong.

2. Globophobia: takut pada balon

Globophobia adalah ketakutan akan balon, menurut artikel tahun 2013 di British Medical Journal , orang dengan kondisi ini mungkin memiliki rasa takut yang kuat saat melihat, menyentuh, atau bahkan mencium bau balon. Namun, kebanyakan orang hanya takut pada suara letupan.

3. Vestiphobia: takut pakaian

Vestiphobia adalah ketakutan akan pakaian, menurut laporan kasus tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Grand Rounds, orang dengan kondisi tersebut mungkin takut pada pakaian tertentu. Misalnya, dengan pakaian ketat yang menyebabkan seseorang seakan-akan merasa terkekang. 

Dalam kasus ekstrem, pasien dapat menarik diri sepenuhnya dari masyarakat untuk menghindari pakaian.

Dalam laporan kasus, para peneliti menggambarkan seorang peserta wajib militer China berusia 21 tahun mengalami gejala seperti jantung berdebar-debar, dada sesak, dan kram. Tenyata, setelah ditelusuri gejala tersebut dipicu hanya saat mengenakan rompi pelindung tubuh yang diturunkan, di mana dia merasa ada benda aneh yang menempel pada dirinya. 

4. Bananaphobia: takut pada pisang

Bananaphobia adalah ketakutan akan pisang. Daily Mail mengatakan ada kasus seorang pasien wanita yang takut pada pisang sepanjang hidupnya, sehingga dia selalu mual jika berdekatan dengan pisang. 

5. Arachibutyrophobia : takut terhadap selai kacang yang menempel

Arachibutyrophobia adalah rasa takut selai kacang menempel di langit-langit mulut seseorang. Menurut jurnal Food Bites, meskipun fobia itu jarang terjadi, tapi ada sejumlah orang yang merasa takut karena muncul perasaan 'lengket' itulah yang menyebabkan kepanikan, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak mengonsumsi selai. 

6. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia: takut kata-kata panjang

Hippopotomonstrosesquipedaliophobia juga dikenal sebagai sesquipedalophobia adalah ketakutan akan kata-kata yang panjang. Menurut BBC, mungkin penyebutan fobia ini terdengar lucu. Tapi, bagi mereka yang mengidapnya ini terasa sangat kejam. 

"Sesqui" adalah bahasa latin untuk "satu setengah", sedangkan "pedal" berarti "kaki". Jadi " sesquipedalophobia " secara harfiah diterjemahkan menjadi "ketakutan setinggi satu setengah kaki" atau ketakutan akan kata yang sangat panjang.

Hippopotomonstrosesquipedaliophobia sering kali disebabkan oleh pengalaman awal rasa malu dan malu saat mengucapkan kata-kata yang panjang. Fobia ini secara khusus dapat memengaruhi pasien dengan disleksia. 

7. Omphalophobia: takut pada pusar

Omphalophobia adalah ketakutan akan pusar. Orang dengan kondisi ini tidak dapat menyentuh area pusar, melihat pusar orang lain, atau bahkan memikirkannya. 

Daily Mail melaporkan ada seorang pasien wanita yang mengalami fobia tersebut sampai akhirnya dia menjalani terapi perilaku kognitif. Namun, artikel tersebut tidak menyatakan apakah pengobatan tersebut berhasil.

8. Fobophobia : takut terhadap fobia

Phobophobia adalah ketakutan akan fobia. Para peneliti menggambarkannya sebagai "kecemasan yang mengambang bebas" dan faktor yang berkontribusi signifikan terhadap serangan panik. Orang dengan kondisi ini mungkin takut dengan sensasi fisik yang menyertai rasa takut, seperti sesak napas atau jantung berdebar. 

Mereka mungkin merasa bahwa gejala ini mengancam nyawa mereka, phobophobia cenderung didiagnosis bersamaan dengan gangguan kecemasan. 

9. Chaetophobia: takut pada rambut

Chaetophobia adalah ketakutan akan rambut, menurut artikel tahun 2022 di TNNMC Journal of Mental Health Nursing orang dengan kondisi ini mungkin takut mencuci rambut, memotong rambut, atau dekat dengan hewan berbulu.

10. Fobia toilet

Fobia toilet adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah kondisi di mana orang mengalami kesulitan menggunakan toilet. Menurut National Phobics, fobia ini dapat bermanifestasi sebagai rasa takut berada terlalu jauh dari toilet, takut menggunakan toilet umum, atau takut orang lain melihat atau mendengarkan saat menggunakan toilet. Orang dengan kondisi ini mungkin berusaha keras untuk menghindari pergi ke toilet.

The Huffington Post UK  melaporkan kasus menyedihkan dari seorang pasien berusia 16 tahun yang sangat takut dengan toilet sehingga dia meninggal karena menahan buang air besar selama hampir dua bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement