Advertisement

Unik! Pematung Ini Ciptakan Baju Zirah Khusus Kucing dan Tikus

Lajeng Padmaratri
Rabu, 22 Februari 2023 - 11:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Pematung Ini Ciptakan Baju Zirah Khusus Kucing dan Tikus Baju zirah tikus ciptaan pematung Kanada, Jeff de Boer. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, CALGARY—Tidak ada yang pernah berpikir menciptakan baju zirah logam khusus untuk kucing dan tikus kecuali seorang pematung dari Kanada, Jeff de Boer.

Seniman yang berbasis di Calgary telah berkarir menciptakan baju zirah logam yang rumit untuk kucing dan tikus.

Advertisement

Melansir Oddity Central, Jeff mengaku bahwa hal itu bermula dari seekor tikus. Saat itu, dia sedang mencari cara kreatif untuk menggabungkan hasrat lamanya akan baju zirah abad pertengahan dengan bisnisnya sebagai pembuat perhiasan. Suatu hari dia sadar, bahwa dia bisa membuat baju zirah kecil untuk seekor tikus.

Saat itu ia hanya berpikir bahwa ide itu menarik, tanpa menyadari bahwa di masa depan dia akan dikenal sebagai pembuat senjata hewan pertama dan satu-satunya di dunia yang membuat lebih dari 500 baju zirah untuk tikus dan kucing.

Hingga hari ini, Jeff masih ingat efek dari pengalamannya melihat baju zirah pertama kali pada usia lima tahun. Dia terpesona dan tertarik olehnya, ingin tahu bagaimana itu dibuat dan untuk tujuan apa.

Semangat mengulik baju zirah melekat padanya, dan dia benar-benar membuat baju zirah manusia pertamanya saat sekolah menengah. Namun, keahliannya sebagai pembuat perhiasan membuatnya memikirkan hal-hal dalam skala yang jauh lebih kecil. 

Baju besi tikus pertama Jeff ternyata jauh lebih baik dari yang dia kira, karena dia terus membuat lebih banyak pakaian, dipengaruhi oleh berbagai gaya sejarah, dari samurai Jepang hingga baju rantai Islam.

Seiring berjalannya waktu, dia menyadari bahwa dia membutuhkan tokoh antagonis untuk tikus lapis bajanya sehingga benar-benar membangkitkan imajinasi orang. Pada saat itulah dia mulai membuat pelindung kucing.

Seniman Kanada ini menekankan bahwa kreasinya yang sangat detail tidak dimaksudkan untuk dikenakan oleh hewan yang sebenarnya. Faktanya, satu-satunya saat ketika dia menerima untuk membuat salah satu baju zirahnya untuk kucing hidup, semuanya tidak berjalan dengan baik.

Suatu kali, seorang produser acara permainan Jepang membawa kucing yang diduga biasa mengenakan pakaian. Namun, ternyata baju zirah yang dipakai kucing itu kekecilan. Sejak itu, dia tidak pernah mengambil komisi untuk baju besi binatang yang bisa dipakai.

Jadi untuk siapa Jeff membuat semua baju zirah tikus dan kucing ini? Rupanya, kliennya hampir selalu memiliki ketertarikan yang mendalam pada sejarah dan seni. Banyak yang memiliki permintaan yang jelas agar dia menggunakan elemen dari berbagai gaya baju besi bersejarah, seperti gladiator Romawi, Hussars Polandia, Ottoman, samurai Jepang, dan sebagainya.

Sebagai orang yang pertama dan satu-satunya pembuat senjata kucing dan tikus di dunia, Jeff membuat semua bagian yang diperlukan dan beberapa alat yang diperlukan untuk set baju besinya yang unik itu. Masing-masing berisi antara 500 hingga 300 bagian dan membutuhkan waktu puluhan jam untuk menyelesaikannya. Sebagian besar dibuat dari nikel, baja, atau kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement