Advertisement

Ini Cara Menolak Cinta Seseorang Tanpa Harus Sakiti Perasaannya

Hana Fathina
Selasa, 21 Februari 2023 - 12:37 WIB
Jumali
Ini Cara Menolak Cinta Seseorang Tanpa Harus Sakiti Perasaannya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tidak ada seorang pun yang senang dengan penolakan. Namun, terkadang kita harus melakukan penolakan terhadap suatu hal yang tidak kita sukai. Salah satunya adalah menolak cinta. Kamu juga perlu mengetahui cara menolak cinta dengan halus dan tidak menyakiti perasaan seseorang.

BACA JUGA: Cara Menolak Cowok Secara Halus

Advertisement

Menolak cinta bisa membuat seseorang merasa sedih dan tersakiti. Apalagi jika menerima penolakan dari orang yang dicinta secara mentah-mentah. Jika ada orang yang menyatakan cinta kepada kamu, ada baiknya untuk mengucapkan perasaan dan menolak secara halus.
Berikut ini adalah beberapa cara menolak cinta dengan halus tanpa menyakiti perasaan seseorang yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jangan memberi harapan

Cara menolak cinta secara halus yang pertama dengan jangan memberi harapan palsu. Harapan palsu bisa membuat seseorang semakin tersakiti dan berekspektasi. Jika benar-benar tidak mau, cukup ucapkan tidak tanpa ada janji apapun.

2. Lakukan dengan tenang

Jika ada seseorang yang menyatakan cintanya kepada kamu, sebaiknya lakukan penolakan dengan sikap yang tenang. Jangan terbawa emosi berlebih saat menolak seseorang. Sikap yang tenang akan membuat pikiran kamu lebih jernih, sehingga bisa menolak dengan kata-kata halus.

3. Jangan merendahkan

Menolak cinta harus dilakukan dengan halus dan kata-kata yang lembut. Jangan berikan alasan untuk merendahkan orang itu, meskipun memang orang tersebut tidak masuk ke dalam kriteria kamu.

4. Bicara dengan jujur

Cara menolak cinta secara halus berikutnya dengan berkata jujur. Berikan alasan dan perasaan kamu yang sebenarnya kepadanya. Lebih baik berbicara terus terang dan jangan berbohong. Agar tidak ada hati yang tersakiti atas ucapan dan kata-kata yang terucap.

5. Katakan dengan singkat

Selain harus dikatakan dengan jelas, kamu juga sebaiknya mengutarakan penolakan dengan singkat. Perkataan yang Panjang dan berputar-putar bisa jadi hanya menambah rasa sakit. Beberapa contoh kalimat singkat yang bisa kamu jadikan pilihan:

Aku menghargai perasaan kamu. Tapi sepertinya kita tidak cocok untuk memiliki Bunganan.
Aku senang sudah mengenal kamu, tetapi menurutku kita tidak cocok satu sama lain.
Aku sangat menghargai perasaan kamu, tetapi aku tidak merasakan hal yang sama.

6. Katakan dengan jelas

Ketika kamu akan menolak perasaan seseorang, kamu bisa mengatakan dengan jelas dan jujur. Hindari mengatakannya secara bertele-tele. Katakana secara tenang dan tegas bahwa kamu tidak tertarik padanya. Kamu juga harus mengatakannya dengan yakin dan tidak ada keraguan.

7. Berikan apresiasi terhadap perasaan

Kamu bisa mulai untuk mengapresiasi perasaannya meskipun kamu tidak menerima cintanya. Kamu bisa ucapkan terimakasih soal keberanian dia karena sudah berani menyatakan cinta. Jangan lupa untuk beri jawaban bahwa kamu belum bisa menerima perasaannya untuk saat ini.

8. Kenalkan dia kepada temanmu yang lain

Jika kamu sudah merasa bahwa dia menunjukkan sikap yang beda dan mengharapkan hubungan yang lebih, mulai kenalkan dirinya dengan temanmu. Pastinya hal ini membuat dirinya sadar secara perlahan bahwa kamu menolaknya secara tidak langsung meskipun bukan lewat kata-kata.

Itulah beberapa cara menolak cinta dengan halus yang perlu kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement