Advertisement

Jangan Konsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini Saat Haid

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 20 Februari 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Konsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini Saat Haid Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kaum wanita yang sudah mengalami masa haid perlu tahu bahwa pada periode ini ada makanan dan minuman yang perlu untuk dipantang alias tidak boleh dimakan. 

Saat periode haid menstruasi, asupan makanan perlu diperhatikan serius agar badan tetap sehat dan mengurangi rasa nyeri yang kerap kali muncul. 

Advertisement

Dilansir dari website yankes.kemkes.go.id, berikut ini makanan dan minuman yang perlu dihindari saat menstruasi:

1. Makanan mengandung garam

Bagi pecinta makanan yang gurih, asin, sebaiknya dikurangi, karena makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan retensi atau penumpukan air. Jika itu terjadi, maka dapat membuat perut kita menjadi kembung. Jika memang sulit untuk menghindari makanan tersebut, sebaiknya masih bisa mengonsumsinya dengan secukupnya saja.

2. Makanan mengandung gula

Selain garam, jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi juga sebaiknya dikurangi. Mengonsumsi makanan terlalu tinggi gula bisa meningkatkan energi secara mendadak dan juga penurunan energi yang mendadak pula. Jika ini sulit dihindari, sebaiknya konsumsi makanan manis secukupnya saja. Jika memungkinkan lebih baik ganti makanan manis dengan buah-buahan.

3. Minuman dan makanan kadar kafein tinggi

Bagi pecinta kopi, saat kalian sedang haid sebaiknya dihindari minum kopi, karena kopi memiliki kandungan kafein tinggi. Minum dan makanan yang mengandung kafein dapat mengakibatkan masalah pada lambung. Jika memang sangat sulit untuk menghindari kopi, maka kita bisa mengonsumsi sedikit saja

4. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas memang sangat nikmat. Akan tetapi, saat sedang haid sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan masalah sakit perut dan juga diare. Jika memang terpaksanya tidak bisa menghindari makanan pedas, maka konsumsi sedikit saja.

5. Daging merah

Ketika sedang haid, tubuh akan memproduksi hormon prostaglandin. Hal itu membuat rahim akan berkontraksi dan juga mengeluarkan darah haid. Jika kadar prostaglandin begitu tinggi, maka bisa berefek pada kram perut. Di dalam daging merah terkandung zat besi yang juga sekaligus mengandung prostaglandin. Maka dari itu, daging merah juga termasuk ke dalam makanan yang dilarang ketika haid datang.

6. Makanan dan minuman olahan dari susu

Jenis makanan selanjutnya yang harus dihindari adalah olahan susu. Jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung olahan susu, misal keju, maka bisa menyebabkan kram menstruasi. Hal ini dikarenakan di dalam produk susu terdapat asam arakidonat yang dapat memicu terjadinya kram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement