Advertisement

Terapi Jurnal hingga Floating Frame Jadi Cara Perempuan Kekinian Menyenangkan Diri

Sunartono
Minggu, 12 Februari 2023 - 04:37 WIB
Sunartono
Terapi Jurnal hingga Floating Frame Jadi Cara Perempuan Kekinian Menyenangkan Diri Kegiatan komunitas perempuan berupa wokrshop floating frame. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perempuan seringkali lupa menyenangkan diri sendiri karena harus berperan ganda dalam sebuah keluarga maupun komunitas sosial. Padahal menyenangkan diri merupakan bagian dari mencintai diri sendiri yang berpengaruh terhadap kesehatan mental yang lebih baik.

Sebuah kegiatan dengan menyasar kalangan perempuan digelar oleh Brand DS yang merupakan pengembang produk pakaian dan perlengkapan ibadah. Bentuk kegiatan tersebut adalah Yoga and Therapeutic Journaling Workshop dan Floating Frame Workshop yang dihelat di Artotel Suites Bianti Jogja Sabtu (11/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Bikin Mereka Merasa Bermakna, Cara Perempuan

Sebagaimana diketahui terapi jurnal merupakan aktivitas menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan maupun gambar. Sehingga apa pun dapat diungkapkan lewat journaling. Selain di kertas, journaling saat ini juga bisa dilakukan di komputer. Studi menunjukkan rutin journaling dapat meningkatkan kesehatan mental. Adapun floating frame merupakan frame yang memiliki list kayu atau papan MDF di setiap sisinya sehingga menyerupai frame tetapi tanpa ada kaca.

“Kedua kegiatan ini menyasar perempuan. Setiap event bagi perempuan menurut kami akan lebih baik jika mengandung unsur membuat suatu karya kami lewat workshop floating frame. Kemudian kegiatan yang berhubungan dengan mencintai diri sendiri kami gelar Yoga and Therapeutic Journaling Workshop. Ini juga rangkaian anniversary DS ke-6,” kata Managing Director DS Annisa Herdyana Sabtu (11/2/2023).

Ia menilai kegiatan dalam bentuk berkarya dan mencintai diri sendiri sangat penting untuk kesehatan mental. Saat ini memang kesadaran terhadap kesehatan mental di tengah masyarakat Indonesia mulai meningkat. Akan tetapi perempuan menjadi harapan banyak kelompok masyarakat terutama di level keluarga.

“Makanya perlu dibikin sebuah sesi komunikasi yang baik antar sesama perempuan, sehingga bisa saling menerima apa adanya dan tidak menghakimi satu sama lain,” ujarnya.

BACA JUGA : Tips Nyopir Aman bagi Kaum Perempuan

Apalagi saat ini perempuan memiliki banyak peran dengan banyak tuntutan di lingkungan tempat tinggal dan sosial kemasyarakatannya. Hal ini nyaris terjadi di semua kalangan baik mahasiswa perempuan, ibu rumah tangga maupun Wanita karier. Akibatnya seringkali perempuan lupa cara bersenang-senang atau menyenangkan diri sendiri.

“Sehingga memang kadang perlu diingatkan misalnya harus beristirahat untuk diri sendiri. Dan melakukan sesuatu yang bikin senang bagi dirinya," ujarnya.

Salah satu peserta workshop Dhea Nurahmah menilai kegiatan workshop dengan arah berkarya dan mencinta diri sendiri sangat bermanfaat. Beberapa materi yang disampaikan narasumber menjadi pengetahuan baru bagi dirinya dan bisa menjadi bekal untuk tetap menjaga kesehatan mental di tengah banyak tuntutan terhadap perempuan.

“Lewat kegiatan sesama perempuan seperti ini kami dapat meluapkan rasa. Kami sepakat bahwa perempuan perlu sebentar bersenang-senang namun tetap harus memperhatikan izin dan kondisi keluarga. Kegiatan seperti ini menarik untuk perempuan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement