Advertisement

Ini 6 Jenis Nyeri Sendi yang Biasa Dirasakan Orang

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 26 Januari 2023 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini 6 Jenis Nyeri Sendi yang Biasa Dirasakan Orang Radang sendi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Lutut yang sehat dapat dilipat dan diluruskan dengan mudah karena kartilago artikular, jaringan lunak dan licin.

Zat ini melindungi, menutupi, dan melapisi tepi tulang kaki yang membentuk lutut Anda. Dua potongan kartilago meniskus berbentuk huruf C di antara tulang-tulang Anda berfungsi sebagai "pegas koil" untuk melindungi sendi lutut Anda.

Advertisement

Namun, lutut yang lemah atau nyeri lutut sering kali disebabkan oleh keseleo ligamen, ketegangan otot, atau kerusakan kartilago osteoarthritis.

Varun Koul, VP - Direktorat Medis, Glamyo Health mengatakan, jika tulang rawan habis seluruhnya, tulang akan bergesekan dengan tulang. Untuk mengkompensasi hilangnya tulang rawan, tulang yang penyok mungkin mulai melebar ke luar, membentuk taji yang menyakitkan.

Sensasi nyeri dapat berkisar dari rasa tidak nyaman yang berdenyut hingga nyeri tajam di bagian depan lutut. Aktivitas seperti berlari, melompat-lompat, berjalan menuruni bukit, dan duduk dalam waktu lama dengan lutut ditekuk dapat memperburuknya. Bergantung pada tingkat keparahan gejala Anda, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk menjalani operasi elektif seperti artroskopi, osteotomi, atau penggantian sendi.”

Berikut adalah enam gejala lutut lemah yang membutuhkan perhatian medis segera:

1. Nyeri intens

Nyeri sendi bisa intens dan berlangsung selama beberapa hari atau kronis dan berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Bergantung pada kondisi akarnya, nyeri dapat dirasakan hanya pada satu sendi (seperti pada kasus trauma atau osteoartritis) atau pada beberapa sendi (misalnya pada poliartritis reumatoid).

Nyeri biasanya terbatas pada persendian atau persendian yang terkena, tetapi juga dapat mengalami cedera pinggul.

2. Kekakuan

Lutut membengkak saat cairan berlebihan menumpuk di dalam lutut akibat cedera, kelebihan beban, atau riwayat kronis. Ini dapat menyebabkan nyeri serta kejang otot. Dalam beberapa kasus, pembengkakan bisa tidak kentara, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya kecuali Anda mengalami cedera traumatis. Karena peradangan mungkin tidak terlihat, Anda mungkin mengalami kekakuan lutut.

3. Suara Retak

“Mendengar suara retak atau berderak saat pertama kali bangun setelah bersantai sejenak merupakan indikasi lutut yang lemah. Lutut Anda terasa tidak stabil seolah-olah dapat berubah bentuk atau mudah patah. Selain itu, jika lutut Anda membeku atau lebih sering terjepit, inilah saatnya menemui dokter bedah Anda untuk pemeriksaan medis,” saran Dr. Koul.

4. Otot Lemah

Jika Anda tidak melakukan latihan fisik yang sesuai secara teratur, otot Anda akan mulai memburuk tanpa gejala apapun. Otot paling penting yang bertanggung jawab untuk umur panjang lutut adalah paha depan, paha belakang, dan gastrocnemius. Ketika otot-otot ini terganggu, hal itu dapat menyebabkan kondisi seperti sendi lutut yang lebih lemah, yang dapat menyebabkan kegagalan dan tekuk lutut.

5. Tidak Bisa Meluruskan Lutut Anda

Hal ini dapat menyusahkan karena tidak mampu meluruskan lutut Anda. Beberapa variabel berkontribusi pada status ini, tetapi osteoarthritis adalah yang paling umum. Orang yang meletakkan beban tekan pada lutut mereka di masa remajanya, seperti pelari maraton dan olahragawan aktif lainnya, lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi ini dalam waktu dekat.​

6. ​Ligamen sobek ​

Dr. Ligamen rapuh mempengaruhi mekanisme daya tahan lutut. Tentu saja, lutut yang lemah dapat mengindikasikan cedera LCL baru, tetapi Anda tidak dapat memastikannya kecuali Anda memiliki praktisi kesehatan yang memeriksa Anda.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement