Advertisement

Kapan Waktu Terbaik Mengganti Pembalut?

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 25 Januari 2023 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kapan Waktu Terbaik Mengganti Pembalut? Ilustrasi pembalut. - shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perempuan yang sedang mengalami menstruasi atau haid perlu menjaga kebersihan area kewanitaan. Mengganti pembalut secara rutin adalah hal yang perlu dilakukan. 

Mengutip dari website Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, menstruasi atau haid adalah pengeluaran secara periodik darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak atau bahasa gaulnya ber reproduksi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menstruasi ditandai dengan penebalan dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Jika kehamilan tidak terjadi, endometrium akan luruh dan keluar bersama darah saat menstruasi.

Saat menstruasi, wanita wajib menjaga kebersihan organ intimnya untuk menghindari adanya kotoran yang memicu terjadinya penyakit. Lantas, berapa kali sebaiknya ganti pembalut saat menstruasi?

Baca juga: Dimulai pada Usia 9-12 Tahun, Ini Tanda-tanda Menstruasi yang Sehat

Dilansir dari Halodoc, pembalut membantu menampung dan menyerap darah menstruasi. Masing-masing wanita akan memiliki aliran darah haid yang berbeda. Ada yang keluar sangat banyak, ada yang wajar.

Kebersihan selama menstruasi tidak bergantung pada merek pembalut. Apapun pembalut yang dipilih, seorang wanita harus tetap menggantinya secara teratur. Selain rasa nyaman, mengganti pembalut secara teratur akan mencegah kamu mengalami infeksi bakteri dari darah haid.

Selain alasan kesehatan, saat volume darah yang keluar sangat deras, pembalut bisa saja mengalami kebocoran, karena tidak cukup menyerap darah yang keluar.

Untuk mengantisipasinya, saat aliran darah deras, kamu disarankan untuk lebih rutin mengganti pembalut, setiap 4-6 jam sekali. Hal tersebut berarti, kamu disarankan untuk mengganti pembalut sebanyak 4-6 kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement