Advertisement

Luar Biasa! Pria Ini Tulis Puluhan Judul Buku dengan Teknik Terbalik

Lajeng Padmaratri
Kamis, 19 Januari 2023 - 14:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Luar Biasa! Pria Ini Tulis Puluhan Judul Buku dengan Teknik Terbalik Michele Santelia, pemegang rekor dunia untuk buku yang paling banyak diketik secara terbalik. / Guinness World Records

Advertisement

Harianjogja.com, CAMPOBASSO—Menulis buku tampaknya sudah bukan jadi pencapaian spesial pada saat ini. Namun, bagaimana jika seseorang bisa menulis buku dengan teknik pengetikan yang terbalik dan menggunakan bahasa kuno?

Seorang pria Italia, Michele Santelia memiliki teknik luar biasa karena bisa menulis 81 judul buku dengan teknik pengetikan terbalik atau "mirror writing". Akuntan berusia 63 tahun ini kemudian memegang rekor dunia untuk buku yang paling banyak diketik secara terbalik.

Advertisement

Namun, keunikan Santelia bukan hanya itu saja. Ia menulis ulang puluhan buku dalam bahasa aslinya, meliputi Hieroglif, Ibrani Kuno, China Tradisional, Maya, Erutria, hingga Cuneiform. Di antara buku-bukunya yang diketik terbalik itu ialah Epic of Gilgamesh, The Code of Hammurabi, Alkitab, hingga catatan Leonardo da Vinci.

Pria ini memang mengaku memiliki hobi mengetik. Uniknya, buku-buku itu diketik menggunakan "tulisan cermin" sehingga hasilnya adalah bayangan cermin dari tulisan normal bahasa tertentu.

Tentu saja keyboard biasa tidak memiliki tuts cermin. Jadi Santelia harus mengonfigurasinya sendiri. Ia bahkan menggunakan empat keyboard sekaligus untuk mengetik karya terbarunya. Menariknya, setiap keyboard itu tidak dilengkapi dengan susunan huruf dan angka pada keyboard biasa, jadi keyboard cerminnya benar-benar kosong dari huruf dan angka.

Melansir laman resmi Guinness World Records, Santelia menemukan kemampuannya mengetik terbalik dengan mudah sejak 30 tahun yang lalu. Ia mengaku terinspirasi dari Leonardo da Vinci yang menekuni "mirror typing" untuk menuliskan catatan pribadinya.

"Selama ini manusia hanya menggunakan sebagian kecil kemampuannya," kata Santelia. Untuk itu ia berupaya memaksimalkan kemampuannya sendiri dan memutuskan untuk menguasai seni mengetik terbalik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement